Selasa, 19 April 2011

Benchmark Pada Komputer

Pengertian Benchmarking

Benchmarking merupakan salah satu cara untuk kita mengetahui kondisi serta analisis sistem kerja pada komputer kita. Benchmarking ini biasanya sangat dibutuhkan untuk perusahaan-perusahaan yang berbasiskan komputer.

Software yang dapat digunakan untuk melakukan benchmarking, sangat banyak macam dan jenisnya. Disini saya mencoba memakai software HD Tune Pro3.50 untuk melakukan Benchmarking pada Harddisk.


Pengenalan Tentang HD Tune Pro

HD Tune Pro adalah Software utility yang berfungsi untuk monitoring kondisi Harddisk komputer anda.

Fungsi monitoring Hd Tune Pro antara lain : benchmark kecepatan akses read dan write harddisk, pengecekan kondsi fisik harddisk (monitoring bad sector), monitoring suhu pada harddisk, info menyeluruh terhadap harddisk anda, dan fungsi yg paling ekstrim adalah menu secure erase harddisk yg mana berfungsi menghapus total seluruh isi harddisk anda secara aman dan tidak dapat di recovery lagi sehingga dapat meminimalkan kebocoran data pribadi yg terdapat pada harddisk anda.

Berikut sreen shoot pada saat awal komputer di hidupkan :


Gambar tersebut merupakan keadaan awal pada saat komputer baru dinyalakan tepat 1 menit.

Gambar berikutnya merupakan hasil benchmark yang dilakukan dengan menggunakan beberapa program test hardisk (hardisk tanpa fan) :


Benchmark dengan menggunakan fan :

Benchmark tidak menggunakan fan :

Dari data benchmark tersebut, dapat terlihat ternyata suhu yang lebih rendah menghasilkan kinerja yang lebih tinggi pula walaupun komponen lain suhunya relatif sama, namun hardisk yang diberi fan perbedaan suhunya, bisa dibilang, sangat sangat jauh, tidaklah heran jika kinerja yang dihasilkan pun menjadi lebih tinggi dan sistem menjadi lebih stabil.

Jadi, saya sangat menyarankan untuk menggunakan fan tambahan untuk hardisk, dengan sedikit akal, biaya yang murah, kinerja tinggi dapat dihasilkan.


Berikut informasi spek komputer yang dijadikan pengujian :
CPU : AMD Phenom X4 9850 BE
RAM : 2GB
PSU : 450Watt
Mobo : Gigabyte GA-M61PME-S2P (F3a)
Harddisk : (WDC 1TB Black SATA) (WDC 500GB Green SATA)
OS : Windows XP SP2
Sof tware Benchmark : HD Tune 2.55, Everest Ultimate 5.01

Langsung saja hasil benchmark dari screenshoot nya :


gambar diatas pengujian benchmarking dengan WDC Black dengan software HD Tune

gambar diatas pengujian benchmarking dengan WDC Green dengan tool HD Tune



Informasi Lengkap Tentang Harddisk :

gambar diatas informasi tentang WDC Black



gambar diatas informasi tentang WDC green


Benchmarking Temperature :


gambar diatas informasi tentang temperatur WDC black yang diukur selama 5 menit dengan tools sistem stability yang terdapat di software Everest

gambar diatas informasi tentang temperatur WDC green yang diukur selama 5 menit dengan tools sistem stability yang terdapat di software Everest


Kesimpulan :

Sesuai dengan namanya WDC Black terbukti memiliki performa yang lebih baik dibandingkan WDC Green, namun WDC Green memiliki temperatur suhu yang lebih baik dan konsumsi dayanya yang irit dibanding WDC Black.

Dengan benchmarking yang saya lakukan khususnya pada harddisk, saya mengetahui pengukuran tingkat kinerja pada computer saya, khususnya pada bagian harddisknya. Setelah informasi yang saya dapat, saya dapat menjadikan informasi kinerja computer saya sebagai titik acuan untuk meningkatkan kinerja pada computer saya.






1 komentar:

  1. Fan mempercepat perpindahan panas dari hardisk ke lingkungan (udara), sehingga menjaga kinerja hardisk.\
    bisnis rumahan diPPOB

    BalasHapus