Minggu, 21 November 2010

Peranan Kita Dalam Penanggulangan Bencana Alam




Pada saat ini, Indonesia sering sekali di beri teguran oleh Allah yang berupa musibah dan bencana alam. Sebut saja musibah Tsunami, banjir bandang, gunung meletus dll yang secara berurut menimpa bangsa kita. Musibah tersebut membuat hati kita sedikit tergugah untuk turut serta berpartisipasi dalam menanggulangi atau sedikit mengantisipasi musibah tersebut. Oleh sebab itu peranan kita dalam masing-masing bidang ,khususnya IT sangat berpengaruh untuk membantu mereka yang terkena ataupun yang belum terkena musibah.

Peranan kita dalam bidang IT ini sangat banyak sekali implementasinya untuk masyarakat. Misalnya saja untuk menggalang bantuan bagi korban bencana, kita selaku pakar dalam bidang IT dapat membuat komunitas media maya unutk menggalang dana secara online. Kasus kedua untuk mengantisipasi korban yang berjatuhan, kita dapat membuat suatu komunitas informasi yang langsung dapat diketahui masyarakat secara langsung, misalnya saja radio Komunitas. Selain itu kita juga dapat membuat sebuah alat yang berupa sensor ataupun Alarm peringatan yang diletakkan di tempat masyarakat sekitar yang rawan dengan bencana.

Aspek penting untuk membuat penanggulangan ini sebenarnya sederhana sekali, yaitu adanya kerjasama antara masyarakat sekitar dengan pemerintah serta para pelaku di bidang IT unutk memperoleh informasi yang akurat. Pada umunya peranan kita selaku pakar di bidang IT memiliki konsep proses penyampaian informasi dari bagian pengirim (server) ke penerima (client) ,dalam hal ini korban bencana Alam. Sehingga pengiriman informasi tersebut akan berjalan secara:
* reliable
* lebih cepat
* lebih luas sebarannya, dan
* lebih lama penyimpanannya.
* tidak mudah rusak

Dengan penalaran seperti diatas, Konsep ini menjadi acuan kita kenapa peranan kita selaku pakar dibidang IT sangat penting. Selain karena Prosesnya lebih cepat , hasil dan informasinya lebih akurat dan tertuju. Hal diatas merupakan contoh perwujudan dengan informasi saja, contoh yang sebelumnya dapat di implementasikan juga kemasyarakat sesuai dengan keahlian kita pada bidang IT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar