Selasa, 23 Februari 2010

Kisah Sukses Pendiri KFC



Kisah Sukses Pendiri KFC

Menjadi seorang pengusaha sukses dan memiliki banyak harta yang melimpah tentunya menjadi keinginan setiap orang. Tidak mustahil, itu semua tentu saja bisa menjadi kenyataan asalkan dibarengi dengan usaha dan do'a. Mungkin sepenggal kisah pendiri KFC yang satu ini bisa menginspirasi kita untuk menjadi seorang yang sukses.
Kolonel Harland Sanders, pendiri waralaba ayam goreng terkenal KFC ini dapat dijadikan contoh seorang yang sukses. Ia lahir pada 9 September 1890 di Henryville, Indiana. Pada usia 6 tahun, ayahnya meninggal dan Ibunya sudah tidak mampu bekerja lagi sehingga Harland muda harus menjaga adik laki-lakinya yang baru berumur 3 tahun. Dengan kondisi ini ia harus memasak untuk keluarganya. Di masa ini dia sudah mulai menunjukkan kebolehannya dalam bermasak.
Pada umur 7 tahun ia sudah pandai memasak di beberapa tempat memasak. Pada usia 10 tahun ia mendapatkan pekerjaan pertamanya didekat pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan. Ketika berumur 12 tahun ibunya kembali menikah, sehingga ia meninggalkan rumah tempat tinggalnya untuk mendapatkan pekerjaan di pertanian di daerah Greenwood, Indiana. Selepas itu, ia berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun.

Pertama, sebagai tukang parkir di usia 15 tahun di New Albany, Indiana dan kemudian menjadi tentara yang dikirim selama 6 bulan ke Kuba. Setelah itu ia menjadi petugas pemadam kebakaran, belajar ilmu hukum melalui korespondensi, praktik dalam pengadilan, asuransi, operator kapal feri, penjual ban, dan operator bengkel.

Di usia 40 tahun, Kolonel ini mulai memasak untuk orang yang bepergian yang singgah di bengkelnya di Corbin. Kolonel Sanders belum punya restoran pada saat itu. Ia menyajikan makanannya di ruang makan di bengkel tersebut. Karena semakin banyak orang yang datang ke tempatnya untuk makan, akhirnya ia pindah ke seberang jalan dekat penginapan dan restoran bisa menampung 142 orang.

Dia memulai usaha makanannya di usia 65 tahun. namun baru mulai aktif dalam mewaralabakan bisnis ayamnya di usia 66 tahun. Pada mulanya pensiunan angkatan darat Amerika ini tidak memiliki uang sepeser pun kecuali dari tunjangan hari tuanya, yang semakin menipis. Namun dia memiliki keahlian dalam memasak dan menawarkan resep masakannya ke lebih dari 1.000 restoran di negaranya. Sampai pada akhirnya ia berhasil dalam menawarkan resep masakannya ke sebuah restoran di negaranya.

Kolonel Harland Sanders memiliki resep makanan yang khas pada masakannya. Inilah yang membuat ia dan restoran tempatnnya bekerja menjadi terkenal. Ia kemudian mendirikan restoran dan membuka usaha makanannya sendiri. Sampai akirnya usahanya tersebut berhasil dan terkenal hingga Mancanegara.

Kolonel Harland Sanders menjadi pelopor Kentucky Fried Chicken atau KFC yang telah tumbuh menjadi salah satu yang terbesar dalam industri waralaba makanan siap saji di dunia. Selama hampir 9 tahun ia menggunakan resep yang dibuatnya dengan teknik dasar memasak hingga saat ini. Citra Sander semakin baik. Gubernur Ruby Laffoon memberi penghargaan Kentucky Colonel pada tahun 1935 atas kontribusinya bagi negara bagian Cuisine. Dan pada tahun 1939, keberadaannya pertama kali terdaftar di Duncan Hines “Adventures in Good Eating”. Sosok Kolonel Sanders, bahkan kini menjadi simbol dari semangat kewirausahaan.

http://MejengProduk.Com
Sumber : Buku 10 pengusaha yang sukses membangun bisnis dari 0

Selasa, 16 Februari 2010

Komputer




Komputer dengan proc.intel atom N330
MB Intel 945GCLF2
DDR2 512MB
HDD 160GB SATA
DVD RW DRIVE
CASING ATX M CASE
KEYBOARD & MOUSE STANDAR

MONITOR LCD
Axio 17”

Komputer jenis ini dapat di peroleh dengan harga yang cukup miring, yaitu hanya sekitar Rp.2.000.000,00. Komputer jenis ini dapat cocok untuk pemula yang ingin belajar komputer dengan basic yang menengah. Berbagai tempat elektronika seperti glodok, mangga 2, dan juga Harco. Namun komputer jenis ini dapat diperoleh pada daerah depok dengan harga yang super murah. Kita bisa memodifikasi komputer kita dengan menambah memeori yang sebelumnya sudah ada sebelumnya dan membuat kerja komputer kita menjadi lebih cepat. Komputer jenis ini hanya dapat menyuport sebagian aplikasi saja. Bila kita paksakan, maka komputer kita akan sedikit bermasalah dan itu diluar tanggung jawab perusahaan yang menjualnya.
Semoga ini dapat menambah sedikit pengetahuan kita dan bermanfaat.

Usaha Kerupuk




Makanan, itulah hal utama yang selalu menjadi pembicaraan yang menarik dan khas. Banyak sekali berbagai jenis makanan yang sering kita lihat dan nikmati, namun kita sering melupakan makanan pengiring yang cocok untuk melengkapi kelezatan kita saat menikmati makanan. Berbagai jenis usaha dapat kita jalani untuk menambah dan memenuhi kebutuhan hidup kita.
Pada saat ini, saya mendapatkan kesempatan untuk melihat berbagai wirausaha disekitar lingkungan rumah saya yang setidaknya dapat menambah pengetahuan bagi kita dan khususnya saya. Saya ingin menceritakan tentang berwirausaha Kerupuk. Pemilik usaha kerupuk ini bernama Pak Baharudin. Beliau tinggal di jl.Tangung Lengkong RT.015/07 Jakarta Timur. Beliau memulai usaha ini sejak tahun 1990. Pak Baharudin merintis usaha ini dengan modal awal Rp.500.000,00,dengan keuntungan awal Rp.100.000,00/bulan. Namun kini, sejalan dengan berkembangnya omset penjualan keuntungan Pak Baharudin mencapai Rp.20.000.000,00/bulan. Beliau sudah dapat mnciptakan lapangan pekerjaan yang baru, yang dapat mempekerjakan kurang lebih 50 orang karyawan.
Pada mulanya, usaha yang beliau rintis ini mendapat tanggapan negative dari lingkungan sekitarnya. Ini disebabkan karena suara berisik yang di timbulkan oleh mesin pembuat olahan dan kotoran arang sisa hasil pembakaran. Karena beliau menggunakan cara tradisional dalam pengolahan kerupuk ini.. Namun sekarang masyarakat merasa terbantu dengan adanya usaha ini, karena banyak warga sekitar yang bekerja dengan beliau. Akan tetepi lebih banyak orang yang berasal dari kampungnya beliau.
Usaha beliau kini cukup dibilang berhasil dan sukses dengan penghasilan yang sudah didapatkan tiap bulannya. Namun usaha beliau kurang begitu berkembang karena tidak adanya inovasi baru dan kerjasama dengan pengusaha yang lainnya. Beliau hanya focus pada produksi yang tetap tiap harinya. Selain itu, usaha beliau mendapat hambatan dari sector tempat. Tempat yang menjadi produksi krupuk ini selalu saja menjadi langganan banjir tiap tahunnya.Sekarang usaha beliau sudah menjadi usaha yang berguna dan berpenghasilan cukup untuk beliau dan karyawannya.
Kita dapat meniru usaha beliau ini yang dapat berguna bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang lain. Semoga cerita saya mengenai wirausaha Kerupuk ini dapat menjadi motivasi dan inovasi baru bagi kita.
~ Terima kasih ~

Senin, 04 Januari 2010

Jaringan Komputer

Penyakit Leukimia

Leukimia adalah suatu penyakit yang dikenal dengan adanya proliferasi neoplasitik dari sel-sel organ hemopoietik, yang terjadi sebagai akibat mutasi somatik sel bakal (stem cell) yang akan membentuk suatu klon sel leukimia.

Penyakit kanker darah (leukimia) menduduki peringkat tertinggi kanker pada anak. Namun, penanganan kanker pada anak di Indonesia masih lambat. Itulah sebabnya lebih dari 60% anak penderita kanker yang ditangani secara medis sudah memasuki stadium lanjut.

Leukimia merupakan keganasan hemopoietik yang mengakibatkan proliferasi klon yang abnormal dan sel bakal mengalami transformasi leukimia, terjadi kelainan pada diferensiasi dan pertumbuhan dari sel limfoid dan mieloid.

Diagnosa leukimia akut dapat ditegakkan dari pemeriksaan hematologi Hb, leukosit, tulang, yaitu tipe leukimia akut berdasarkan klasifikasi FAB.

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa pemberian jeruk (orange) dan pisang (banana) secara rutin kepada bayi dapat mengurangi resiko leukimia (kanker darah) pada bayi. Hal yang sama juga untuk makanan yang mengandung kunyit (turmeric). Demikian menurut seorang ilmuwan terkemuka.

Anak-anak yang makan jeruk, jus jeruk dan pisang 4 sampai 6 kali dalam sepekan selama 2 tahun sejak bayi menunjukkan pengurangan resiko kanker itu.

“Penelitian kami unik, dan kami telah menjelaskan akan manfaat jeruk dan pisang untuk mengurangi resiko kanker,” kata Marylin Kwan, dari University of California, Berkely. Dia katakan,”Ada pengurangan resiko kanker sekitar 50%.”

Hasil penelitian ini disampaikan dalam konferens internasional tentang anak dan leukimia di London baru-baru ini.

Kwan dan kelompoknya melakukan penelitian pada 328 anak berumur di bawah 15 tahun penderita leukimia. Masing-masing orang tua dari anak mengisi angket tentang pola makan anaknya pada 2 tahun pertama ketika bayi.

Pada dua penelitian sebelumnya mengindikasikan bahwa makan makanan daging seperti hotdog atau snack daging meningkatkan resiko tumor otak, dan sebagian kecil leukimia.

Pisang dan jeruk dapat mencegah leukimia diperkirakan karena mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan. Ini dapat mengurangi kerusakan DNA dan menghentikan proses tumbuhnya kanker. Pisang juga kaya akan kalium. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kalium dapat menstabilkan DNA dan mengurangi angka mutasi.

Harapan hidup pasien penyakit leukemia kronis (chronic myeloid leukimia) dan penyakit kanker di saluran cerna kini semakin panjang berkat obat imatinib. Uji klinis terhadap pasien menunjukkan tingkat keberhasilan sebanyak 83 persen dengan usia harapan hidup bisa diperpanjang 5-7 tahun.

Chronic myeloid leukimia (CML) adalah penyakit kanker pada darah (leukimia) yang bersifat kronik. Menurut dr.Nyoto Widiastomo, Sp.PD dari RSCM Jakarta, pemicu kanker ini antara lain paparan radiasi yang sangat tinggi dan paparan zat kimia industri (polusi).

Setelah serangan bom atom di Hiroshima, Jepang, tahun 1945, jumlah penderita kanker CML meningkat. "Bahan pengawet dan polusi kendaraan bermotor yang menggunakan senyawa benzena juga meningkatkan risiko CML," papar Nyoto. Karena itulah penyakit ini banyak menyerang orang di usia 45-55 tahun sebab akselerasi penyakit bisa berlangsung 4-6 tahun.

Pada fase awa l CML, pasien seringkali tidak merasakan gejala, tapi pada umumnya pasien akan merasa lemah badan, kelelahan, berat badan menurun, dan rasa penuh pada perut. Pasien biasanya baru datang berobat setelah terjadi pembesaran limpa.

Ada beberapa pilihan pengobatan kanker CML, antara lain adalah kemoterapi, tranplantasi sumsum tulang dengan biaya sangat mahal, serta terapi target dengan obat imatinib. Imatinib merupakan terapi dengan tingkat keberhasilan paling tinggi untuk pasien yang baru didiagonosa menderita CML dan berada dalam fase kronis setelah gagal menggunakan terapi interferon alpha.

GIST
Keberhasilan imatinib untuk memperpanjang harapan hidup pasien tidak terbatas pada kanker CML saja. Pasien kanker yang terjadi pada saluran cerna yang berasal dari sel stroma (GIST). Uji klinis menunjukkan pasien GIST stadium lanjut yang mendapat imatinib bisa bertahan hidup lebih dari 5 tahun.

GIST adalah kanker yang menyerang jaringan ik

Dampak Negatif Internet

Ketergantungan pada internet mulai merambah kota-kota besar di Indonesia. Sayangnya tidak semuanya berdampak positif, bahkan sejauh ini pengguna internet lebih dominan melakukan kegiatan-kegiatan negatif. Untuk dapat mengambil tindakan yang tepat, sebelumnya perlu ada pengertian yang jelas dan praktis terhadap ketergantungan yang tidak sehat akan internet ini. Kecanduan pada dunia cyber terbagi dalam lima kategori.



1. Cybersexual addiction

yaitu obsesi untuk melihat, men-download dan memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi dan role playing untuk dewasa juga termasuk dalam kategori ini.


2. Cyber-relational addiction

adalah keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin melalui internet (seperti melalui chat room dan virtual affairs) sampai kehilangan kontak dengan hubungan-hubungan yang ada dalam dunia nyata.


3. Net gaming

yaitu sejenis kecanduan karena judi, bermain game, berbelanja dan kegiatan jual beli saham melalui internet yang mengganggu pekerjaan dan/atau mengakibatkan terjadinya utang.


4. Information overload

Karena menemukan informasi yang tidak habis-habisnya yang tersedia di internet, sejumlah orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang ada.


5. Computer addiction

Riset menemukan bahwa beberapa organisasi mengalami dampak negatif sebagai akibat dari kecanduan akan games off-line (seperti Solitaire dan Tetris yang populer di dekade 1980-an lalu), yang memang rata-rata banyak di-install dalam komputer.


1. Pornografi Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. 2. Violence and Gore Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu. 3. Penipuan Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut. 4. Carding Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka. 5. Perjudian Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya. # Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). # Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi. # Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang). # Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya

COCOMO

*

PENGENALAN PADA COCOMO MODEL

Pada tahun 1981, Barry Boehm mendesain COCOMO untuk memberikan estimasi / perkiraan jumlah Person-Months untuk mengembangkan suatu produk software. Referensi pada model ini dikenal dengan nama COCOMO 81.

Pada tahun 1990, muncul suatu model estimasi baru yang disebut dengan COCOMO II. Secara umum referensi COCOMO sebelum 1995 merujuk pada original COCOMO model yaitu COCOMO 81, setelah itu merujuk pada COCOMO II.

Model estimasi COCOMO telah digunakan oleh ribuan project manager suatu proyek perangkat lunak, dan berdasar pada pengalaman dari ratusan proyek sebelumnya. Tidak seperti model estimasi biaya yang lain, COCOMO adalah model terbuka, sehingga semua detail dipublikasikan, termasuk :

*

Dasar persamaan perkiraan biaya
*

Setiap asumsi yang dibuat dalam model
*

Setiap definisi
*

Biaya yang disertakan dalam perkiraan dinyatakan secara eksplisit

Perhitungan paling fundamental dalam COCOMO model adalah penggunaan Effort Equation (Persamaan Usaha) untuk mengestimasi jumlah dari Person-Months yang dibutuhkan untuk pengembangan proyek. Sebagian besar dari hasil-hasil lain COCOMO, termasuk estimasi untuk Requirement dan Maintenance berasal dari persamaan tersebut.



*

SOURCE LINE OF CODE

Perhitungan COCOMO didasarkan pada estimasi anda pada ukuran proyek dalam Source Line Of Code (SLOC). Pendefinisian SLOC :

*

Hanya jumlah baris kode yang dikirim sebagai bagian dari produk yang disertakan (test drivers dan software pendukung lainnya tidak dihitung).
*

Baris kode dibuat oleh staf proyek (kode yang di-generate oleh aplikasi tidak dihitung).
*

Satu SLOC adalah satu baris kode secara logis.
*

Deklarasi dihitung sebagai SLOC.
*

Komentar tidak dihitung sebagai SLOC.

Model COCOMO 81 didefinisikan dalam bentuk Delivered Source Instruction, yang mana sangat menyerupai SLOC. Perbedaan utama antara DSI dan SLOC adalah sebuah SLOC mungkin merupakan beberapa baris secara fisik. Sebagai contoh, sebuah statement “if-then-else” akan dihitung sebagai satu SLOC, tetapi mungkin dihitung sebagai beberapa DSI.



*

SCALE DRIVERS

Pada model COCOMO II, beberapa factor terpenting yang berkontribusi pada durasi proyek dan biaya yang dikeluarkan adalah Scale Drivers. Anda mengeset setiap Scale Driver untuk mendeskripsikan proyek anda. Scale Drivers tersebut menentukan eksponen yang digunakan dalam Effort Equation.

Ada 5 Scale Drivers :

*

Precedentedness
*

Development Flexibility
*

Architecture / Risk Resolution
*

Team Cohesion
*

Process Maturity

Catat bahwa Scale Drivers telah menggantikan Development Mode dari COCOMO 81. Dua Scale Drivers yang pertama, Precedentedness dan Development Flexibility sebenamya mendeskripsikan pengaruh yang hampir sama dibanding Development Mode.

*
o

COST DRIVERS

COCOMO II memiliki 17 cost drivers. Cost driver tersebut adalah factor pengali yang menentukan usaha yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek software anda. Sebagai contoh, jika proyek anda akan mengembangkan software yang mengatur penerbangan pesawat, anda akan mengeset Required Software Reliability (RELY) cost driver menjadi sangat tinggi. Rating tersebut berhubungan dengan effort multiplier 1,26 yang berarti bahwa proyek anda akan membutuhkan usaha lebih sebesar 26% dibanding proyek software pada umumnya. COCOMO II mendefinisikan setiap cost drivers dan effort multiplier yang terhubung dengan setiap rating.



*
o

COCOMO II EFFORT EQUATION

Model COCOMO II membuat estimasi dari usaha yang dibutuhkan (diukur dari Person-Month) berdasarkan keutamaan dalam estimasi anda akan ukuran proyek perangkat lunak (yang diukur dalam ribuan SLOC atau KSLOC) :

Effort = 2,94 * EAF * (KSLOC)E

Dimana : EAF = Effort Adjustment Factor yang berasal dari Cost Drivers

E = Eksponen yang berasal dari Scale Drivers.

Sebagai contoh, suatu proyek dengan semua Nominal Cost Drivers dan Scale Drivers akan memiliki sebuah EAF 1,00 dan eksponen (E) 1,0997. Diasumsikan bahwa proyek diproyeksikan terdiri atas 8.000 baris kode, COCOMO II mengestimasi bahwa 28,9 Person-Months effort diperlukan untuk menyelesaikannya :

Effort = 2.94 * (1.0) * (8)1.0997 = 28.9 Person-Months



*
o

EFFORT ADJUSTMENT FACTOR

Effort Adjustment Factor dalam effort equation adalah produk dari effort multipliers yang terhubung pada masing-masing cost drivers untuk proyek anda.

Sebagai contoh, jika proyek anda berating sangat tinggi untuk kompleksitas (effort multipliers 1,34) dan rendah untuk pengalaman language & tools (effort multipliers 1,09) dan semua cost drivers yang lain berating nominal (effort multipliers 1,00), sehingga EAF adalah produk dari 1,34 dan 1,09.

EAF= 1,34 * 1,09 = 1,46

Effort = 2,94 * (1,46) * (8)1,0097 = 42,3 Person-Months



*
o

COCOMO II SCHEDULE EQUATION

COCOMO II Schedule Equation memprediksi jumlah bulan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek perangkat lunak anda. Durasi dari proyek berdasarkan pada usaha yang diprediksi oleh effort equation :

Duration = 3,67 * (Effort) SE

Dimana : Effort = usaha dari COCOMO II effort equation.

SE = eksponen scheduled equation yang berasal dari Scale Dirvers.
Melanjutkan contoh, dansubtitusi eksponen dengan 0.3179 yang dihitung dari scale drivers, menghasilkan estimasi hanya dalam satu tahun dan rata-rata staf antara 3 sampai 4 orang.

Duration = 3.67 * (42.3)0.3179 = 12.1 months

Average staffing = (42.3 Person-Months) / (12.1 Months) = 3.5 people



*
o

SCED COST DRIVER

COCOMO cost driver untuk Required Development Schedule (SCED) adalah unik dan memerlukan penjelasan special.

SCED cost driver digunakan untuk menghitung observasi bahwa proyek yang dikembangkan dalam jadwal yang dipercepat akan membutuhkan usaha yang lebih banyak dari proyek yang dikembangkan dalam jadwal optimal. Sebuah rating SCED yang sangat rendah diwakili oleh sebuah effort multipliers sebesar 1,43 dan berarti bahwa anda berniat menyelesaikan proyek anda dalam 75% jadwal optimal (yang ditentukan oleh estimasi COCOMO sebelumnya). Melanjutkan contoh yang digunakan tadi, tetapi diasumsikan bahwa SCED memiliki rating sangat rendah, COCOMO menghasilkan estimasi :

Duration = 75% * 12.1 Months = 9.1 Months

Effort Adjustment Factor = EAF = 1.34 * 1.09 * 1.43 = 2.09

Effort = 2.94 * (2.09) * (8)1.0997 = 60.4 Person-Months

Average staffing = (60.4 Person-Months) / (9.1 Months) = 6.7 people

Catat bahwa perhitungan durasi tidak berdasar secara langsung pada effort (jumlah Person-Months), justru hal tersebut berdasar pada jadwal yang akan diperlukan untuk proyek diasumsikan proyek tersebut telah berjalan dalam jadwal nominal. Ingat bahwa SCED cost driver berarti “percepatan dari jadwal nominal”.



*
o

COCOMO II

COCOMO II diset sebagai siklus hidup software modern. Orgininal COCOMO model sudah sangat berhasil, tetapi tidak sesuai dengan praktek pengembangan software yang lebih baru sebagaimana dengan software tradisional. COCOMO II menargetkan proyek software pada tahun 1990an sampai 2000an dan akan terus berkembang dalam beberapa tahun ke depan.

COCOMO II memiliki 3 model berbeda :

1.

The Application Composition Model

Sesuai untuk pembangunan proyek dengan tools GUI-builder yang modern. Berdasar pada Object Points baru.

1.

The Early Design Model

Anda bisa menggunakan model ini untuk mendapat estimasi kasar biaya dan durasi dari suatu proyek sebelum anda menentukan arsitektur keseluruhan proyek tersebut. Model ini menggunakan sekumpulan kecil cost driver baru dan persamaan estimasi baru. Berdasar pada Unadjusted Function Points atau KSLOC.

1.

The Post-Architecture Model

Ini adalah model COCOMO II yang paling detail. Anda akan menggunakannya setelah anda membentuk arsitektur proyek anda secara menyeluruh. Model ini memiliki cost driver baru, aturan penghitungan baris yang baru, dan persamaan baru.

Sabtu, 03 Oktober 2009

Manajemen Resiko

RESIKO

Risk is the chance of loss. Resiko adalah kemungkinan untuk rugi. Dari sekian banyak pengertian tentang resiko, pengertian ini adalah yang paling mudah dimengerti oleh orang awam.

Pengertian Resiko Dari Beberapa Ahli

Arthur Williams dan Richard, M. H.

”Resiko adalah suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode tertentu”

A. Abas Salim

”Resiko adalah ketidaktentuan (uncertainty) yang mungkin melahirkan peristiwa kerugian (loss)”

Soekarto

”Resiko adalah ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa”

Herman Darmawi

”Resiko adalah probabilitas suatu hasil yang berbeda dengan yang diharapkan”.

Prof Dr.Ir. Soemarno,M.S.

”Suatu kondisi yang timbul karena ketidakpastian dengan seluruh konsekuensi tidak menguntungkan yang mungkin terjadi disebut resiko”

Sri Redjeki Hartono

”Resiko adalah suatu ketidakpastian di masa yang akan datang tentang kerugian”

Subekti

"Resiko kewajiban memikul kerugian yang disebabkan karena sutau kejadian di luar kesalahan salah satu pihak”

Ahli Statistik

Resiko adalah derajat penyimpangan sesuatu nilai disekitar suatu posisi sentral atau di sekitar titik rata-rata.

Vaughan

Definisi risiko :

· Risk is the chance of loss (Risiko adalah kans kerugian).

Chance of loss berhubungan dengan suatu exposure (keterbukaan) terhadap kemungkinan kerugian. Dalam ilmu statistik, chance dipergunakan untuk menunjukkan tingkat probabilitas akan munculnya situasi tertentu. Sebagian penulis menolak definisi ini karena terdapat perbedaan antara tingkat risiko dengan tingkat kerugian. Dalam hal chance of loss 100%, berarti kerugian adalah pasti sehingga risiko tidak ada.

· Risk is the possibility of loss (Risiko adalah kemungkinan kerugian).

Istilah possibility berarti bahwa probabilitas sesuatu peristiwa berada diantara nol dan satu. Namun, definisi ini kurang cocok dipakai dalam analisis secara kuantitatif.

· Risk is uncertainty (Risiko adalah ketidakpastian).

Uncertainty dapat bersifat subjective dan objective. Subjective uncertainty merupakan penilaian individu terhadap situasi risiko yang didasarkan pada pengetahuan dan sikap individu yang bersangkutan. Objective uncertainty akan dijelaskan pada dua definisi risiko berikut.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Resiko adalah kemungkinan terjadinya peristiwa yang dapat merugikan perusahaan"

Isto

“Resiko adalah bahaya yang dapat terjadiakibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang”.


MANAJEMEN RESIKO

Manajemen Resiko adalah proses identifikasi resiko, memperkirakan resiko, dan mengambil langkah untuk mengurangi resiko pada level yang dapat diterima. Selain itu, Manajemen resiko adalah bagian penting dari strategi manajemen semua perusahaan. Proses dimana suatu organisasi yang sesuai metodenya dapat menunjukkan resiko yang terjadi pada suatu aktifitas menuju keberhasilan di dalam masing-masing aktifitas dari semua aktifitas

Fokus dari manajemen resiko yang baik adalah identifikasi dan cara mengatasi resiko. Sasarannya untuk menambah nilai maksimum kesinambungan (sustainable) organisasi. Tujuan utama untuk memahami potensi upside dan downside dari semua faktor yang dapat memberikan dampak bagi organisasi. Manajemen resiko meningkatkan kemungkinan sukses, mengurangi kemungkinan kegagalan dan ketidakpastian dalam memimpin keseluruhan sasaran organisasi.
Manajemen resiko seharusnya bersifat kontinyu dan mengembangkan proses yang bekerja dalam keseluruhan strategi organisasi dan strategi dalam mengimplementasikan. Manajemen resiko seharusnya ditujukan untuk menanggulangi suatu permasalahan sesuai dengan metode yang digunakan dalam melaksanakan aktifitas dalam suatu organisasi di masa lampau, masa kini dan masa depan
Manajemen resiko harus di-integrasikan dalam budaya organisasi dengan kebijaksanaan yang efektif dan diprogram untuk dipimpin beberapa manajemen senior. Manajemen resiko harus di terjemahkan sebagai suatu strategi dalam teknis dan sasaran operasional, pemberian tugas dan tanggung jawab serta kemampuan merespon secara menyeluruh pada suatu organisasi, dimana setiap manajer dan pekerja memandang manajemen resiko sebagai bagian dari deskripsi kerja. Manajemen resiko mendukung accountability, performansi pengukuran dan reward, mempromosikan efisiensi operasional dari semua level.


Sasaran Manajemen Resiko

Sasaran manajemen resiko adalah untuk memungkinkan organisasi untuk memenuhi misi
pengamanan sistem IT yang lebih baik dalam menyimpan, memproses atau mem-publish informasi suatu organisasi
untuk membantu manajemen dalam membuat keputusan yang bersifat umum / subyektif dalam mengatur pembelanjaan yang menjadi bagian dari suatu anggaran IT
membantu manajemen dalam memberi hak / mengakui sistem IT atas dasar pendukung dokumentasi sebagai hasil capaian manajemen resiko.

Tugas Manajemen Resiko

Secara umum manajemen resiko bertugas untuk :

· Melakukan identifikasi resiko yang akan terjadi

· Memperkirakan dampak yang akan terjadi pada bisnis kita jika resiko itu terjadi

· Membuat keputusan finansial yang tepat mengenai dampak yang telah diperkirakan.

· Mengimplementasikan program penanggulangan resiko tersebut dan secara kontinu melakukan pengukuran dan perkiraan apakah program yang telah dijalankan sudah efektif atau masih membutuhkan perbaikan? Ingat, mengelola resiko bukan merupakan aktivitas sesaat tetapi merupakan proses yang terus menerus akan berlangsung sehingga selalu ada pengontrolan, pengukuran, evaluasi, dan perbaikan.


Siklus Manajemen Resiko :


Ada 4 tahap dalam siklus untuk mengelola resiko, yaitu :

1. Assess à Manaksir atau memperkirakan

· Melakukan identifikasi informasi kristis assets

· Menemukan kemungkinan ancaman dari assets yang telah diidentifikasi

· Mengidentifikasi kelemahan sistem yang dapat menjadi ancaman

· Menghitung besar resiko tersebut

2. Evaluate

Ada dua pendekatan dalam mengevaluasi suatu resiko, yaitu :

a. Kuantitas

Pendekatan kuantitas ini lebih mudah ditampilkan dan dimengerti karena output-an dalam angka. Namun, untuk memperoleh angka tersebut dibutuhkan usaha yang cukup keras. Untuk menghitung dalam bentuk satuan uang dampak yang akan terjadi sangatlah sulit.

b. Kualitas

Menggunakan metode score dan pengalaman dari para pekerja serta konsultan untuk memperoleh score tersebut.

3. Manage

Setelah kita telah memberikan score pada setiap resiko yang terjadi maka tahap selanjutnya adalah mengurutkan resiko tersebut dari resiko yang mempunyai score tertingi sampai terendah. Hal ini akan membantu kita untuk mengambil keputusan resiko mana yang harus pertama kali kita kelola.

Ada 4 cara untuk menghadapi suatu resiko :

· Reject the Risk – cenderung mengabaikan tantangan untuk menghadapi resiko tersebut dengan harapan resiko tersebut akan hilang. Bertahan menggunakan pendekatan ini jarang sekali berhasil.

· Accept the Risk – biasanya pendekatan ini digunakan jika cost yang dibutuhkan untuk melakukan pengontrolan untuk mengurangi resiko akan lebih besar dibandingkan jika resiko itu terjadi.

· Transfer the Risk – salah satu pendekatan yang dapat dilakukan jika cost untuk melakukan pengontrolan untuk mengurangi resiko lebih besar bila dibandingkan dengan memindahkan resiko tersebut kepada pihak lain, seperti pihak asuransi

· Mitigate the Risk – mengurangi resiko tersebut dengan management.

4. Measure

Melakukan pengukuran dari aksi yang telah diambil pada tahap sebelumnya. Pengukuran ini harus dilakukan secara kontinu.

Manajemen Proyek

PROYEK


Proyek adalah sebuah kata yang sering di gunakan untuk sebuah pekerjaan didalam sebuah program kegiatan, akan tetapi kata ini mempunyai arti dimana sebuah pekerjaan besar yang berkemungkinan besar tidak akan terulang kembali pada jangka waktu tertentu dimasa yang akan dating. Setiap proyek harus memiliki start dan finish yang jelas, sekumpulan aktivitas yang berurutan diantara dua kejadian itu, berikut adanya suatu sasaran tertentu.

  • Tujuan

Suatu proyek biasanya mempunyai suatu aktivitas yang berlangsung dlam waktu tertentu dengan hasil akhir tertentu. Proyek dapat dibagi dalam sub-sub pekerjaan yang harus diselesaikan untuk memcapai tujuan proyek secara keseluruhan.

  • Kompleksitas

Proyek biasanya melibatkan beberapa fungsi organisasi karena diperlukan bermacam-macam keahlian dan bakat dari berbagai disiplin ilmu.

  • Keunikan

Suatu proyek mempunyai ciri tersendiri yang berbeda dari apa yang sudah dikerjakan sebelumnya.

  • Tidak permanen

Proyek adalah aktivitas temporer artinya suatu proyek memiliki batasan waktu tertentu

  • Ketidakbiasaan

Proyek biasanya menggunakan teknologi baru dan memiliki elemen yang tidak pasti dan beresiko.

  • Siklus Hidup

Selama proses, proyek akan melewati beberapa fase yang disebut siklus hidup proyek

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa proyek adalah suatu jenis program yang disusun secara terperinci sebagai suatu bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dan didalamnya secara konkrit ditetapkan tujuan dan hasil yang akan dicapai, lokasi jelas, organisasi pelaksana, biaya dan jadwal waktu serta anggarannya tertuang dalam suatu dokumen.

Komponen Proyek

Suatu proyek terdiri atas beberapa komponen yang mendukung yaitu :

  • Kemampuan

Berhubungan dengan pengetahuan tentang projek yang akan dikerjakan, kemampuan dalam mengerjakan proyek tersebut, dan pengalaman yang dibutuhkan yang bertujuan untuk mengurangi faktor resiko yang terjadi dari suatu proyek yang akan dikerjakan

  • Perangkat Bantu

Alat bantu yang dibutuhkan oleh seorang manajer proyek untuk meningkatkan kemampuan menangani suatu proyek dalam bentuk perangkat lunak maupun perangkat keras, seperti dalam hal dokumentasi, perencanaan, permodelan, audit maupun pengevaluasian proyek

  • Proses

Adalah suatu teknis dan urutan kebutuhan yang dapat di monitor dan di kontrol dalam waktu tertentu meliputi waktu, dana, kualitas, resiko maupun bidang garapan proyek.

Macam-macam Proyek
  • Proyek Kapital

Proyek ini biasanya berupa pengeluaran biaya untuk pembebasan tanah, pembelian peralatan, pemasangan fasilitas dan konstruksi gedung

  • Proyek Penelitian dan Pengembangan

Proyek ini bisa penemuan produk baru, temuan alat baru dll. proyek ini dapat muncul dilembaga komersial maupun pemerintah.

  • Proyek yang berhubungan dengan manajemen service

Proyek ini sering uncul dalam perusahaan maupun instansi pemerintah. Proyek ini bisa berupa perancangan struktur organisasi, pembuatan sistem informasi manajemen, peningkatan produktifitas perusahaan.

Batasan Proyek

Batasan suatu proyek menurut teori klasik menyatakan bahwa proyek terdiri atas 3 hal yaitu :

  • Ruang Lingkup
  • Waktu
  • Dana

Seiring dengan perkembang jaman, manajemen proyek memiliki beberapa batasan yang mencakup :

  • Ruang Lingkup

Ruang lingkup proyek meliputi tata cara untuk menentukan waktu proyek dimulai, perencanaan lingkup proyek yang akan di garap, pendefinisian ruang lingkup proyek, verifikasi proyek serta kontrol atas perubahan yang mungkin terjadi saat proyek tersebut di mulai.

  • Waktu

Meliputi tata cara mendefinisikan suatu aktifitas, menentukan urutan-urutan kejadian atas proyek, mendefinisikan durasi/lama waktu dari setiap pekerjaan, pengembangkan suatu skedul serta merencanakan kontrol atas skedul tersebut

  • Dana

Meliputi tata cara untuk merencanakan sumber dana proyek, mengestimasikan harga dan sumber daya, mendefinisikan budget, serta mengontrol keuangan

  • Kualitas

Meliputi kegiatan perencanaan kualitas, perencanaan jaminan atas suatu kualitas berdasarkan standar tertentu, serta pengontrolan atas kualitas

  • Resiko

Meliputi perencanaan atas manajemen resiko, mengidentifikasikan resiko yang timbul dari suatu proyek, menganalisa kuantitatif dan kualitatif suatu resiko, merencanakan tindakan yang akan diambil dari suatu resiko yang timbul serta memonitor setiap resiko yang mungkin muncul dari suatu proyek

  • Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia meliputi kegiatan perencanaan atas sumber daya manusia yang akan mengerjakan proyek, perekrutan tenaga kerja, serta pembangunan team

  • Logistik

Manajemen logistik meliputi tahapan perencanaan kebutuhan sumber daya untuk kegiatan proyek, perencanaan tender, proses tender dan penentuan pemenang tender, administrasi atas kontrak pembelian, dan tata cara penutupan kontrak.

  • Komunikasi

Meliputi kegiatan perencanaan komunikasi atas level sumber daya, distribusi informasi, laporan kemajuan proyek dan pembuatan administrasi akhir proyek sebelum diserah terimakan.

  • Manajemen Integrasi

Merupakan kegiatan yang meliputi perencanaan pengembangan, perencanaan tata pelaksanaan suatu proyek dan kontrol atas perubahan secara terintegrasi dari suatu proyek. Adapun batasan dari manajemen proyek tersebut di gambarkan sebagai berikut :

MANAJEMEN PROYEK

Manajemen Proyek adalah cara mengorganisir dan mengelola sumber penghasilan yang penting untuk menyelesaikan proyek. Hal pertama yang harus dianggap sebagai manajemen proyek adalah bahwa proyek ini diantarkan dengan batasan yang ada. Hal kedua adalah kemungkinan terbaik distribusi sumber daya. Manajemen proyek adalah seni mengontrol baik hal selama proyek, dari sejak dimulai sampai selesai. Secara tradisional pengertian manajemen adalah meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penempatan orang, pengendalian dan pengarahan. Manajemen Proyek mempergunakan personil untuk ditempatkan pada tugas tertentu dalam proyek.

Ciri Manajemen Proyek

Mekanisme proyek dalam hubungannya dengan pengelolaan, organisasi dan sumber daya mempunyai ciri-ciri tertentu sebagai berikut :

  • Memimpin organisasi proyek dan beroperasi secara independen.
  • Pembawa tunggal untuk mencapai satu tujuan proyek.
  • Memerlukan bermacam-macam keahlian dan sumber daya.
  • Bertanggung jawab menyatukan orang-orang dari berbagai fungsi/disiplin yang bekerja.
  • Memfokuskan pada ketepatan waktu dan biaya.


Campur Sari Peterpan

aku "PETERPAN" yang "SALLY SENDIRI". aku tinggal di "KOTA MATI". saat "USIA 17", aku mempunyai "MASA LALU TERTINGGAL" "YANG TERDALAM", itu adalah "KISAH CINTAKU"."COBALAH MENGERTI" dan "LIHAT LANGKAHKU". aku "MENUNGGU PAGI" untuk seorang "KUPU KUPU MALAM". "ADA APA DENGANMU", "DIBELAKANGKU", aku "MENUNGGUMU". "TAK BISAKAH" "KUKATAKAN DENGAN INDAH" walau "LANGIT TAK MENDENGAR". "DAN, HILANG" "SEMUA TENTANG KITA" "2DSD".
itu sangat "MEMBEBANIKU" aku sadar bahwa dunia ini "TAK ADA YANG ABADI". di "HARI YANG CERAH", "AKU TERTINGGALKAN WAKTU". Tapi, aku mencoda "BEBAS" "MELAWAN DUNIA". tetapi "DUNIA YANG TERLUPA", saat "JAUH MIMPIKU", "AKU" memakai "TOPENG" dan bersembunyi "DI BALIK AWAN". karena aku "DILEMA BESAR" aku ingin pergi ke "TAMAN LANGIT" untuk mencari sebuah "MIMPI YANG SEMPURNA" !!!!
tapi itu hanya "KHAYALAN TINGKAT TINGGI" "MUNGKIN, NANTI" aku akan berjalan "WALAU HABIS TERANG" "DI ATAS NORMAL". hanya untuk menggapai "BINTANG DI SURGA". hanya ada "AKU & BINTANG"...

MENGHAPUS JEJAKMU

"MENGHAPUS JEJAKMU membuat HARI YANG CERAH UNTUK JIWA YANG SEPI untux ku.meskipun q berada DI BALIK AWAN,dan berada di KOTA MATI,tetapi aq tetap menc0ba melawan dunia.karena q adalah SALLY yang selalu SENDIRI,coba engkau dapat meLIHAT LANGKAHKU..yang ing!n BEBAS trlepas dari kelam nya kehidupan.COBALAH MENGERTI tentang dunia q,,yang mungkin DUNIA YANG TERLUPA bag! mu"

Kekuatan Hati

perasaan ini kian lama semakin menyiksa ku
perasaan apa ini
entahlahh
sebuahhh perasaan yang tentunya sangaatlah menyakitkan untuk ku
tp aq disini
mencoba bertahan dengan sebuahhh ketegaran
meskipun harus ada air mata membasahi pipi q

Rabu, 30 September 2009

Penantian Cinta

mungkin aku terlalu bodoh untuk mengerti
mungkin aku tak sengaja jg mnykiti
andai aku tau isi hatimu
andai kesempatan itu datang lagi padaku
sekarang mustahil bagiku
bahkan menyentuh bayangmu, aku tak mampu

sekarang aku terpuruk dalam jurang sesalku
dan cinta ni jadi sesak dalam dadaku
aku tau cinta ini sudah tak laku
tapi biarkan cinta ini aku miliki
biarkan cinta ni menjadi bebanku
aku tak peduli
meski menghambat jalanku
aku tau mencintaimu adalah tak pasti