Selasa, 25 Mei 2010

BERBISNIS OTOMOTIF KARENA KREATIF

Dunia Otomotif sekarang telah berkembang sangat pesat di Internasional. Keadaan ini membuat kita akan tertinggal jika tidak mengikuti perkembangannya. Sama halnya dengan computer, ini tidak akan ada habisnya untuk di kembangkan. Karena banyak sekali inovasi-inovasi yang terus dikembangkan.
Saya sangat tertarik sekali dengan dunia Otomotif sejak saya dari kecil. Karena sejak dari kecil saya selalu membantu Papa saya untuk men cunUp mobil langganan nya. Dari saya yang tidak tahu sama sekali tentang bagian-bagian dari mobil,sampai sekarang saya mengetahui sebaian dari bagian tersebut.
Saya mencoba meneruskan darah Papa saya ini karena saya memang sudah tertari dari kecil. Saya ingin mendirikan usaha ini dengan bermodalkan pengetahuan computer. Ini saya lakukan karena sekarang aplikasi-aplikasi sudah dapat dipadukan dengan tekhnologi apapun. Dengan basic ini saya dapat mengaplikasikan computer ke Otomotif,khususnya Mobil. Walaupun saya tidak berbasic otomotif, tapi saya selalu mencari tahu sendiri dan bertanya dengan papa saya.
Berbekal dari ini saya akan mengembangkan semua pengetahuan di dunia computer saya dengan otomotif yang ada sekarang. Saya juga memiliki konsep tersendiri dalam mendirikan usaha saya ini. Konsep itu berupa kerjasama antara saya dengan papa saya.
Lokasi yang saya ambil untuk memulai usaha ini ialah daerah Jakarta Timur. Tempat ini saya ambil karena untuk memudahkan saya dalam mengolahnya. Karena selain strategis, daerah ini juga dekat dngan tempat tinggal saya. Selain itu, saya juga ingin membuka cabang di daerah bekasi dan depok.
Nama yang saya pilih untuk bisnis saya ini ialah “Dwi Suci Motor”. Nama depan “Dwi” saya ambil dari nama depan papa saya. Nama tengah “Suci”saya ambil dari nama tengah mama saya. Nama belakang saya ambil dari usaha yang saya ambil ini.
Modal yang saya gunakan untuk membangun usaha saya ini berupa pinjaman dari bank. Modal ini tentunyadigunakan untuk membeli tempat, peralatan otomotif, gaji karyawan dan promosi”. Saya merencanakan dalam waktu kurang lebih 2 tahun, modal yang saya pinjam ini sudah dapat saya kembalikan. Untuk dapat memenuhi itu semua, saya harus bekerjasama dengan berbagai kolega yang ada dari kenalan saya dan juga dari teman papa saya.
Setelah saya berhasil mengembalikan pinjaman dari bank. Saya bersama papa saya akan melebarkan sayap dengan membuka berbagai cabang di daerah Jakarta. Setelah kurang lebih 10 tahun menjalankan ini dan usaha ini maju. Saya akan membuat tempat penyaluran dan pengembangan bakat bagi masyarakat yang kurang mampu. Dan mendidik anak-anak jalanan untuk menjadi anak yang lebih berguna untuk dirinya sendiri,orang tuanya, maupun bangsa.
Keinginan saya ini tentu saja tidak lepas dari usaha , doa dan dukungan orang-orang terdekat saya, terutama Keluarga saya. Saya berharap usaha saya ini akan berhasil dan tercapai.
amin

KEBERHASILAN LEWAT BRA DAN BONITA

Jefri Van Novis, mungkin nama ini tidak asing lagi bagi masyarakat Bukittinggi. Pria yang akrab dengan sebutan Jefri ini suka sekali dengan dunia perdagangan, khusunya pakaian dalam wanita. Ia menjual pakaian dalam wanita dengan merek Bonita. Nama Bonita ini terinspirasi dari bahasa Spanyol yang berarti wanita jelita. Bahkan jefri sering dikatakan identik dengan Bonita, karena ia selalu membawa pakaian dalam kemana-mana.
Semenjak memasuki perguruan tinggi, ia menekuni bisnis jual beli produk pakaian dalam wanita. Bisnisnya ini ia jalankan untuk membiayai kuliahnya di salah satu universitas favorit di Sumatra Barat. Tekatnya sejak lulus dari SMU Negri 3 Bukittinggi yang yakin bisa untuk melanjutkan ke universitas membuat ia menjalankan bisnis ini dengan semangat.
Keluarga Jefri termasuk keluarga orang yang bukan berada. Namun demikian ia tidak memandang ini sebagai penghalang untuk ia masuk ke Univesitas Negri. Justru ia optimis dan yakin dapat masuk ke Universitas Negri. Salah satu cara yang ia lakukan ialah dengan mengikuti ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Jefri termasuk salah satu murid yang terpandai di sekolahnya. Jefri pun akhirnya lolos dari ujian SPMB. Ia diterima di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Padang.
Pilihan “Berkuliah sambil Berdagang” pun di ambilJefri sebagai jalan untuk membiayai kuliahnya ini. Gagasan ini ia pilih karena kekhawatirannya untuk membayar kuliah dan biaya hidup selama kuliah di padang. Karena keluarganya berlatar belakang pedagang, maka keluarganya mengizinkan Jefri untuk mengambil semua pilihan ini.
Jefri termasuk pria yang beruntung, karena ia menjalankan bisnisnya ini dengan modal produk kakak sepupunya di Jakarta. Ini ia lakukan karena ia tidak memiliki modal yang cukup untuk menjalankan bisnisnya sendiri. Produk yang ia ambil dari kakak sepupunya ini ia bayar seminggu kemudian.
Ia memasarkan produknya di pasar grosir terbesar di Sumatra Barat, yaitu di pasar Aur Kuning, Bukittinggi. banyak pedagang dari daerah lain yang dating kelokasi ini karena lokasinya yang strategis. Jefri termasuk pria yang sangat ulet, gigih dan sabar. Ia menawarkan produknya ini sampai keratusan toko yang ada di daerah Sumatra Barat. Berbagai tanggapan dari konsumen pun bermunculan. Ada yang suka dan memuji, dan ada pula yang meremehkan produknya. Sampai kekampus pun Jefri tidak malu membawa barang dagangannya ini untuk di tawarkan ke teman kuliahnya. Jefri pun di kampus mendapat julukan “Tauke Bra”.
Dunia bisnis yang dijalankannya ini membuat ia tidak lupa dengan kuliah yang dijalankannya. Ini terlihat dengan keberhasilannya dia menyelesaikan kuliah Manajemen Pemasarannya selama 3,5 tahun. Nilai IPK yang di dapatkannya pun relative bagus, yakni 3,3.
Kedisiplina yang dimiiki Jefri membuat ia hrus mampu memanajemen waktu antara kuliah dengan bisnis yang dijalankannya ini. Bahkan ditengah-tengah kesibukannya ini, ia masih menyempatkan dirinya untuk kursus bahasa inggris. Ujar Jefri “Ini merupakan modal penting dalam menghadapi persaingan global”.
Potensi dan kemampuan Jefripun semakin bertambah seiring dengan pengalaman yang ia lakukan. Sampai akhirnya pada tanhun 2006 ia merasa mantap untuk membangun bisnisnya sendiriyang terpisah dari kakaknya Semua diserahkan ke kakaknya itu. Anmun ada satu yang tak bisa lepas darinya yaitu nama Bonita, yang dipandangnya sudah melekat dengan personal brand dan membawa hoki. Perusahaannya yang bergerak di industry perjalanan dan wisata diberi nama Bonita Tour and Travel. Perusahaan ini terutama melayani pemesanan tiket pesawat udara untuk tujuan ke dalan maupun ke luar negeri
Modal usaha yang dirintis Jefri tidak terlalu banyak, menjadi sub agent penjualan tiket pesawat. Pada April 2007 ia menggandeng sang kakak untuk mendirikan perseroan terbatas sebagai syarat untuk bisa menjadi agen resmi. Disini pun ia merangkak dari bawah. Karena modalnya terbatas, ia hanya bisa mengajukan dari bawah. Berkat kegigihan menjual tiket, kemudian satu demi satu penerbangan lainnya termasuk maskapai besar seperti Garuda Indonesia mulai mempercayakan penjualan tiket mereka kepada Bonita.
Potensi bisnis di sector ini terbilang besar. Dengan jejaring luas di kalangan para pedagang besar dan grosir di Pasar Aur Kuning, Jefri bisa meraup peluang itu hubungan baiknya dengan sejumlah perusahaan dan instansi pemerintah juga membuat banyak di antara organisasi tersebut yang memesan tiket kepadanya. “Alhamdulillah, cukup banyak yang mempercayakan semua urusan perjalanan kepada Bonita,” ungkap Jefri.
Ketatnya persaingan antara maskapai penerbangan membuat ia menggeluti secara serius. Sampai akhirnya lama-lama pelanggan makin banyak dan hasilnya pun makin banyak. Selain menjual tiket perjalanan udara seluruh maskapai penerbangan domestic dan sebagian penerbangan internasional, kini Bonita menjual paket perjalanan waisata, perjalanan ibadah umrah, haji ONH plus, serta rental mobil dan voucher hotel.
Bonita Tour and Travel member sejumlah nilai tambah dengan menyediakan travel untuk antar jemput, setiap pembelian 10 tiket sekaligus memneri satu tiket travel gratis, pemesanan bias melalui sms dan telepon, dan juga menyediakan hotline service untuk pemesanan maupun keluhan.
Jefri sangat sungguh-sungguh dalam menjalankan usahanya ini. Ini terlihat Jefri tak ragu menyebarkan 2 ribu brosur ke berbagai toko di Aur Kuning dan menggencarkan promosi dengan berbagai media, seperti dari mulut kemulut, media cetak, radio, dan membuka stand di berbagai pameran usaha.
Jefri bertekad merentangkan sayapnya ke Jakarta dan kota lainnya. Sementara itu Bonita telah sukses di kota asalnya. Ia membuka cabang di Pasar Blok A, Tanah Abang, Jakarta Pusat, merupakan lokasi strategis karena merupakan pusat bisnis grosir yang bukan saja melayani seluruh Indonesia, melainkan juga ekspor dan impor. Disini Jefri harus bekerja keras lagi, banyak yang sudah lebih dulu menancapkan kukunya. Namun bukan Bonita namanya jika tidak bisa merebut hati pelanggan barunya, tak pelak lagi bisnisnya akan membuahkan hasil berlipat ganda. Yang menjadi target awalnya adalahpelanggan yang selama ini membeli di Bukittinggi. Hasilnya banyak pula yang membeli.
Dari sekedar berjualan tiket, Jefri juga ingin membesarkan bisnisnya ke bidang terkait. Lingkup usaha seputar bisnis ini memang masih sangat potensial untuk digali. Untuk sasaran jangka pendek, ia berani mengembangkan layanan jasa pengiriman, ia juga berniat masuk ke usaha penukaran uang (money changer).
Seiring dengan usaha yang dijalankannya dan persaingan yang membesar. Keinginan Jefri dalam berusaha pun semakin melambung. “Impian terbesar saya adalah membangun perusahaan penerbangan Bonita Air,” katanya. Sampai akhirnya, bisnis yang dijalankan Jefri pun membumbung tinggi dan lebih tinggi dari pesawat yang tengah terbang di udara.

MENYULAP KRIPIK PISANG MENJADI UANG

MENYULAP KRIPIK PISANG MENJADI UANG
Mungkin diantara kita pernah bermimpi. Begitu juga halnya dengan Sinta. Perempuan yang lahir pada tanggal 24 0ktober 1986, Teluk Betung ini, memiliki mimpi untuk menjadi seseorang yang sukses dan mengangkat keluarganya keluar dari kemiskinan.
Sinta merupakan sosok wanita yang terbilang ulet, gigih dan cerdas. Bayangkan saja saat ia duduk di kelas 2 SMA, ia harus membantu keluarganya untuk mencari uang. Ini ia lakukan untuk menopang kebutuhan keluarganya dan kehidupannya sehari-hari.
Pada saat itu, Sinta mendapatkan peluang untuk bekerja di pabrik pisang. Selama ia bekerja di pabrik pisang tersebut, ia mengambil ilmu dan pelajaran dalam memproduksi kripk pisang. Bermodal dari pengetahuannya itu, membuat Sinta berfikir untuk mengolah dan mempunyai usaha kripik pisang sendiri. Sampai akhirnya ia mengumpulkan uang higga Rp 3 juta untuk modal awal membuat kripik pisang.
Persaingan dalam membuat kripik pisang ini sudah diketahui Sinta sangat berat. Apalagi didaerah tempat tinggalnya sekarang “Lampung”, terkenal dengan panganan yang berasal dari olahan pisang. Perkembangan olahan rasa di daerah ia pun telah berkembang. Dari hanya rasa gurih asin, sampai akhirnya sekarang dengan berbagai varian rasa yang berbeda. Selain itu juga ada standar kualitas dalam membuat kripik yang harus di terapkan dalam system pembuatannya.
Mengetahui persaingan yang sangat berat ini, membuat Sinta harus berfikir lebih kreatif dan inovatif. Sinta tidak hanya mengolah dan memanfaatkan pisang saja. Tetapi ia juga memanfaatkan hasil bumi yang lainnya. Diantaranya singkong, ubi jalar, talas dan sukun.
Kendala, inilah yang menjadi hal penting dalam setiap usaha kita. Begitu pula dengan usaha yang di rintis oleh Sinta ini. Misalkan saja dalam hal memasarkan hasil olahan yang sudah di produksi. Sampai akhirnya dating bantuan dari saudaranya dan dua orang temannya yang sudah di bilang berpengalaman. Mereka sudah tahu dan mengerti apa yang seharusnya mereka kerjakan.
Setelah usaha kripik Sinta ini berjalan, Sinta pun memberikan nama usahanya ini dengan Istana Kripik Ibu Merry. Nama depannya diambil dari nama ibunya yang bernama Ibu Merry. Tujuannya ialah, ia ingin orang banyak mengetahui bahwa nasib orang bisa berubah.
Bisnis kripik pisang Sinta ini pun terus berjalan dan menjadi pilihan hidupnya. Keuntungan demi keuntungan pun ia dapat. Manis pahitnya usaha yang dijalankannya pun terus berjalan dan dirasakan. Sampai akhirnya Sinta berhasil mewujudkan mimpinya sejak ia masih kecil. Yaitu ia ingin memiliki rumah sendiri, walaupun tidak megah dan besar. Karena sejak kecil Sinta dan keluarganya selalu berpindah-pindah tempat tinggal. Selain itu sekarang Sinta mampu melanjutkan kuliahnya di Fakultas Ekonomi, Universitas Lampung, Sumatra dengan hasil jerih payah kerja kerasnya menjual kripik pisang.
Sebenarnya jiwa bisnis yang dimiliki Sinta sudah terlihat pada saat ia duduk di bangku 6SD. Pada saat itu ia juga telah berbisnis kecil kecilan, dengan menjual secara diam-diam kripik pisang. Dan pada saat ia duduk di bangku SMP, ia membantu ayahnya bekerja di bengkel teralis besi. Jelas saja ia berhasil dalam mengembangkan usaha kripik pisangnya. Keuletan dan ketangguhan yang dimilikinya menghantarkan ia kepintu keberhasilan.
Dunia bisnis dan usaha tentu saja memiliki banyak persaingan diantara pengusaha yang lain. Namun Sinta menanggapi ini semua dengan membuat inovasi baru, yaitu 9 rasa kripik diluar rasa yang standar. Selain itu salah satu cara agar menarik pemeli, ia membiarkan pembeli untuk mencicipi kripik pisang buatannya.
Kerja keras, semangat, kretifitas dan keuletan sangat diperlukan untuk menggapai hasil yang memuaskan seperti Sinta. Begitu halnya dengan Sinta, ia pun tidak lupa berdoa agar usahanya berjalan terusdengan lancar. Seain itu Sinta juga tidak melupakan masyarakat yang berada di bawahnya. Yaitu dengan memberikan zakat.
Sekarang usaha Sinta sudah berjalan selama 13 tahun. Sinta sudah mampu memperkerjakan 13 karyawan, yang diantaranya ialah tetenga-tetenganya. Sinta selalu berfikir untuk mensejahterakan masyarakat disekitarnya dari hasil usahanya itu.
Dengan membaca kisah sukses Sinta ini, kita dapat mengambil kesimpulan. Bahwa kesuksesan dapat diraih karena adanya kerja keras, kesabaran, dan keuletan serta doa. Kita juga diajarkan untuk selalu rendah hati pada saat kita telah mencapai titik kesuksesan.

HOBI MENDATANGKAN REZEKI

HOBI MENDATANGKAN REZEKI
Setiap manusia didunia ini pasti memilik hobi. Hobi dapat menjadi sarana kita untuk berkarya dan berkreatifitas. Diantaranya hobi Rhenald Kasali ini. Pria yang memiliki nama panggilan Adit ini memiliki hobi menggambar sejak kecil. Adit yang lahir pada tanggal 4 Maret 1980 di kota Malang ini sangat gemar dengan menggambar.
Kegemarannya ini telah terlihat ketika ia menjadi juara lomba menggambar murid kelas 1 SD Cor Jesu 1 Malang. Adit pun ingin mengembangkan hobinya ini dengan menyalurkan lewat gambar dan mengirimnya kepada Tino Sidin ( Tokoh legendaries acara “ Gemar Menggambar”). Bukan hanya itu, ia juga suka menngambar dan membuat cerita pada buku tulisnya ketika ia duduk dikelas Vl SD. Ia juga sering memanfaatkan ilustrasinya menjadi serangkaian kisah atau cerita di buku tulisnya.
Pada saat Adit duduk di bangku SMA, ia semakin melebarkan sayap hobinya itu dengan menjadi komikus amatir. Setelah ia lulus, ia melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di Advanced Diploma of Interactive Multimedia-kvB Institute of Tech, Sydney, Australia. Di tempat kuliahnya ini, Adit selalu mengikuti lomba yang berbau gambar dan animasi. Di waktu liburanpun Adit memanfaatkannya dengan magang di Indonesia, tepatnya di percetakan sablon, Malang. Berkat keuletan dan hasil sablonannya yang memuaskan dan berkualitas, pemilik percetakan pun menempatkan dia di Broadcast Desain Indonesia , Jakarta Selatan.
Selesai kuiah, ia mengawali kariernya sebagai creative designer & animator di Trans TV. Pada tempat ini, ia berhasil meraih prestasi dengan memenangkan “Best Video Clip of The Month” video music Indonesia pada tahun 2002 dan “People Choice Award”. Selepas bekerja dari Trans TV, ia bertekad membuat lembaga kursus animasi dengan modal Rp 400 juta. Yang menjadi tekad ia untuk mendirikan lembaga ini ialah “Animasi kita yang kalah jauh dengan Korea, Cina dan India.
Sebelum mendirikan lembaga kursus animasi ini, Adit melakukan survey kepada siapa saja yang ingin menjadi muridnya. Hasilnya, banyak orang yang tertarik dan berminat. Setelah itu berdirilah sebuah lembaga kursus animasi dengan nama “HelloMotion Inc, School of Animation and Cinema. Sekarang, perusahaan yang telah didirikannya berhasil meluluskan setidaknya 800 siswa.
Sekarang Adit dapat dikatakan berhasil dalam menggampai impiannya berkat hobinya ini. Hal ini terbukti di usia mudanya sekarang (29), ia telah memiliki beberapa penghargaan kelas internasional. Tentu saja keberhasilannya ini tidak lepas dari dukungan orang tuanya “Sanarto santoso dan Tri Astuti” serta usaha dan kerja kerasnya sendiri.
Diantara penghargaannya itu, ia di nobatkan sebagai Internasional Young Screen Entrepreneur of the Year 2007 oleh pakar film Inggris. Bukan hanya itu saja, berkat imajinasi dan kepintaran melihat peluang dan kreatifitas yang ia miliki ini, Sekolah film HelloMotion yang didirikannya sekarang dapat dibilang terkenal dengan citra yang baik.
Dengan basic pendidikan di Advanced Diploma of Interactive Multimedia-kvB Institute of Tech, Sydney, Australia , kemampuan Adit dalam hal animasi dan desain grafis tidak perlu dipertanyakan lagi. Ia telah mendobrak dan membuka jalan buntu bagi perindustrian animasi di Tanah Air kita. Selain itu ia juga membuka peluang kerja bagi masyarakat kita dan meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan warga Negara kita.
Keberhasilan yang ia capai sekarang tidak membuat ia menjadi sombong dan merasa puas. Adit selelu menerapkan motto hidup “Merasa selalu hijau seperti tumbuhan, bukan buah yang matang. Karena lama-lama akan membusuk”. Artinya kita merasa senior dan merasa tahu semuanya. Jika kita merasa tumbuh, maka siapa saja yang hijau akan selalu haus ilmu yang baru.
Kisah sukses dan perjalanan hidup Adit ini dapat menjadi motivasi dan pacuan kita untuk selalu bekerja keras dalam mencapai impian. Impian dapat kita raih berkat kerja keras kita dan jiwa kesabaran kita. Contohnya saja kesuksesan Adit dari hasil pekerjaan yang disertai dasar hobi.

Sabtu, 13 Maret 2010

Rapat Paripurna

Suasana Sidang Paripurna DPR "memanas" dan penuh dengan hujan interupsi makin memuncak, setelah Ketua Pansus Angket Kasus Bank Century, Idrus Marham, selesai membacakan laporan akhir kerja Pansus, Selasa (2/3/2010).
Berawal dari interupsi anggota Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo, yang meminta voting pengambilan keputusan langsung dilakukan pada paripurna hari ini. "Seperti diusulkan Fraksi Golkar, PDI Perjuangan, Hanura dan Gerindra, agar pengambilan keputusan dilakukan hari ini," kata Bambang.
Pernyataan dan interupsi Bambang langsung dikonter oleh anggota Fraksi Partai Demokrat, Didi Irawadi. Demokrat meminta agar pengambilan keputusan dilakukan pada Paripurna besok, setelah anggota Dewan mempelajari laporan Pansus. "Hari ini hanya pembacaan laporan, beri kesempatan untuk pelajari laporan pansus," ujar Didi.
Sejumlah anggota fraksi terus menyatakan dukungan agar pengambilan keputusan dilakukan pada hari ini. Hanya Demokrat yang meminta agar pengambilan keputusan dilakukan besok.
Situasi terus memanas, dan memuncak saat Ketua DPR Marzuki Alie mengetuk palu tanpa mendengarkan aspirasi anggota. Puluhan petugas keamanan mengamankan meja pimpinan. (kompas.com)
Kerusuhan terjadi di dalam dan luar Gedung DPR. Anggota DPR rusuh saat rapat paripurna dengan agenda pembacaan kesimpulan akhir dan rekomendasi Tim Pansus DPR tentang Hak Angket Bank Century di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/3/2010). Rapat akhirnya ditunda, menunggu keputusan dari Rapat Pimpinan DPR.
Sementara itu, di luar gedung, para pengunjuk rasa bentrok dengan polisi. Massa melempari polisi dengan batu dan dibalas dengan tembakan air. Sejumlah pengunjuk rasa ditangkap polisi. FIA
Setelah kejadian itu, Marzuki Ali sempat mendapat banyak kecaman terkait tindakannya yang terburu-buru menutup sidang paripurna sehingga menimbulkan kericuhan. Kepempimpinan Marzuki dalam rapat paripurna DPR disesalkan tiga Wakil Ketua DPR yakni Pramono Anung, Priyo Budi Santoso, dan Anis Matta. Mereka menilai Marzuki tidak akomodatif.

Dari kisah Century ini, kita dapat sedikit mendoktrin kelakuan mereka. Seharusnya para anggota DPR tidak seperti anak kecil, yang tidak mau mengalah dalam merebutkan makanan. Sikap mereka tidak cocok untuk kita jadikan panutan, karena dapat memperburuk moralitas bangsa ini. Seharusnya sikap mereka dapat dijadikan contoh untuk kita dealam menginstropeksi diri kita. Keserakahan dan kekuasaan dapat membuat kita lupa dengan tujuan hidup kita sebagai mahluk-Nya.
Wassalam. By: Fahmi.w

Sang Pemimpi

“3 Seorang pemimpi, IKAL, ARAI, dan JIIMBRON. Berkisah seputar masa remaja Ikal, Arai dan seorang sahabat mereka, Jimbron (Azwir Fitrianto) yang bersekolah di SMA Manggar. Perjuangan mereka setelah tamat SMP, melanjutkan ke SMA sambil bekerja sambilan untuk mengejar mimpi. Mimpi pergi ke Paris. Apalagi seorang guru mereka, Pak Balia (Nugie), selalu mendorong untuk mengejar mimipi mereka. Begitu juga Pak Mustar (Landung Simatupang) yang juga mendukung, tapi dengan caranya sendiri.
Di sinilah perjuangan dan mimpi ketiga pemberani ini dimulai. Ikal, salah satu dari anggota Laskar Pelangi, Arai, saudara sepupu Arai yang sudah yatim piatu sejak SD dan tinggal di ruamh Ikal, sudah dianggap seperti anak sendiri oleh Ayah danIbu Ikal. Dan Jimbron, anak angkat seorang pendeta karena yatim piatu juga sejak kecil. Namun pendeta yang sangat baik dan tidak memaksakan keyakinan Jimbron, malah mengantarkan Jimbron menjadi muslim yang taat.
Arai dan Ikal begitu pintar dalam sekolahnya, sedangkan Jimbron, si penggemar kuda ini biasa-biasa saja. Malah menduduki rangking 78 dari 160 siswa. Sedangkan Ikal dan Arrai selalu menjadi 5 dan 3 besar. Mimpi mereka sangat tinggi, karena bagi Arrai, orang susah seperti mereka tidak akan berguna tanpa mimpi-mimpi. Mereka berdua mempunyai mimpi yang tinggi yaitu melanjutkan study ke Sarbonne Perancis. Mereka terpukau dengan cerita Pak Beia, guru seninya, yang selalu meyebut-nyebut indahnya kota itu. Kerja keras, menjadi kuli ngambat mulai pukul 2 pagi sampai jam 7 dan dilanjutkan dengan sekolah, itulah perjuangan ketiga pemuda itu. Mati-matian menabung demi mewujudkan impiannya. Ya, meskipun kalau dilogika, tabungan mereka tidak akan cukup untuk sampi ke sana. Tapi jiwa optimisme Arai tak terbantahkan.
Masalah jatuh cinta, merekapun pernah mengalaminya. Bukan Ikal, tapi Arai dan Jambron. Dengan bermodal puisi dan nyanyian, Arai mengejar cewek cantik bernama Zakiah Nurmala (Maudy Ayunda), teman sekelasnya yang sepanjang film ini baju seragamnya selalu tampak paling bersih dibandingkan dengan murid lain. Sementara Jambron jatuh cinta dengan Laksmi (Cindy Dwintasari), cewek yang tidak pernah tersenyum sejak ditinggal keluarganya akibat kecelakaan perahu.
Setelah selesai SMA, Ari dan Ikal merantau ke Jawa, Bogor tepatnya. Sedangkan Jimbron lebih memilih untuk menjadi pekerja ternak kuda di Belitong. Jimbron menghadiahkan kedua celengan kudanya yang berisi tabungannya selama ini kepada Ikal dan Arai. Dia yakin kalau Arai dan Ikal sampai di Perancis, maka jiwa Jimbron pun akan selalu bersama mereka. Berbula-bulan terkatung-katung di Bogor, mencari pekerjaan untuk bertahan hidup susahnya minta ampun. Akhirnya setelah banyak pekerjaan tidak bersahabat ditempuh, Ikal diterima menjadi tukang sortir (tukang Pos), dan Arai memutuskan untuk merantau ke kAlimantanTahun berikutnya, Ikal memutuskan untuk kuliah di Ekonomi UI. Dan setelah lulus, ada lowongan untuk mendapatkan biasiswa S2 ke Eropa. Beribu-ribu pesaing berhasil ia singkirkan dan akhrinya sampailah pada pertandingan untuk memperebutkan 15 besar.
Saat wawancara tiba, tidak disangka, profesor pengujinya begitu terpukau dengan proposal riset yang diajukan Ikal, meskipun hanya berlatar belakang sarjana Ekonomi yang masih bekerja sebagai Tukang Sortir, tulisannya begitu hebat. Akhirnya setelah wawancara selesai, siapa yang menyangka. Kejutan yang luar biasa. Arai pun ikut dalam wawancara itu. Bertahun-tahun tanpa kabar berita, akhirnya mereka berdua dipertemukan dalam suatu forum yang begitu indah dan terhormat. Begitulah Arai, selalu penuh dengan kejutan. Semua ini sudah direncanaknnya bertahun-thaun. Ternyata dia kuliah di Universitas Mulawarman dan mengambil jurusan Bilogi. Tidak kalah dengan Ikal, proposal risetnya juga begitu luar biasa dan berbakat untuk menghasilkan teori baru.
Akhirnya sampai juga mereka pulang kampung ke Belitong. Dan ketika ada surat datang, mereka berdebar-debar membuka isinya. Pengumuman penerima Beasiswa ke Eropa. Arai begitu sedih karena dia sangat merindukan kedua orang tuanya. Sangat ingin membuka kabar itu bersama orang yang sanag dia rindukan. Kegelisahan dimulai. Tidak kuasa mengetahui isi dari surat itu. Akhirnya Ikal keterima di Perguruan tinggi, Sarbone Pernacis. Setelah perlahan mencocokkan dengan surat Arai, Subhannallah, inilah jawaban dari mimpi2 mereka. Kedua sang pemimpi ini diterima di Universitas yang sama. Dari sini kita bisa menyimpulkan, semangat berjuang dan tanpa putus asa dapat membuat kita berhasil mencapai tujuan yang kita inginkan.

Selasa, 23 Februari 2010

Kisah Sukses Pendiri KFC



Kisah Sukses Pendiri KFC

Menjadi seorang pengusaha sukses dan memiliki banyak harta yang melimpah tentunya menjadi keinginan setiap orang. Tidak mustahil, itu semua tentu saja bisa menjadi kenyataan asalkan dibarengi dengan usaha dan do'a. Mungkin sepenggal kisah pendiri KFC yang satu ini bisa menginspirasi kita untuk menjadi seorang yang sukses.
Kolonel Harland Sanders, pendiri waralaba ayam goreng terkenal KFC ini dapat dijadikan contoh seorang yang sukses. Ia lahir pada 9 September 1890 di Henryville, Indiana. Pada usia 6 tahun, ayahnya meninggal dan Ibunya sudah tidak mampu bekerja lagi sehingga Harland muda harus menjaga adik laki-lakinya yang baru berumur 3 tahun. Dengan kondisi ini ia harus memasak untuk keluarganya. Di masa ini dia sudah mulai menunjukkan kebolehannya dalam bermasak.
Pada umur 7 tahun ia sudah pandai memasak di beberapa tempat memasak. Pada usia 10 tahun ia mendapatkan pekerjaan pertamanya didekat pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan. Ketika berumur 12 tahun ibunya kembali menikah, sehingga ia meninggalkan rumah tempat tinggalnya untuk mendapatkan pekerjaan di pertanian di daerah Greenwood, Indiana. Selepas itu, ia berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun.

Pertama, sebagai tukang parkir di usia 15 tahun di New Albany, Indiana dan kemudian menjadi tentara yang dikirim selama 6 bulan ke Kuba. Setelah itu ia menjadi petugas pemadam kebakaran, belajar ilmu hukum melalui korespondensi, praktik dalam pengadilan, asuransi, operator kapal feri, penjual ban, dan operator bengkel.

Di usia 40 tahun, Kolonel ini mulai memasak untuk orang yang bepergian yang singgah di bengkelnya di Corbin. Kolonel Sanders belum punya restoran pada saat itu. Ia menyajikan makanannya di ruang makan di bengkel tersebut. Karena semakin banyak orang yang datang ke tempatnya untuk makan, akhirnya ia pindah ke seberang jalan dekat penginapan dan restoran bisa menampung 142 orang.

Dia memulai usaha makanannya di usia 65 tahun. namun baru mulai aktif dalam mewaralabakan bisnis ayamnya di usia 66 tahun. Pada mulanya pensiunan angkatan darat Amerika ini tidak memiliki uang sepeser pun kecuali dari tunjangan hari tuanya, yang semakin menipis. Namun dia memiliki keahlian dalam memasak dan menawarkan resep masakannya ke lebih dari 1.000 restoran di negaranya. Sampai pada akhirnya ia berhasil dalam menawarkan resep masakannya ke sebuah restoran di negaranya.

Kolonel Harland Sanders memiliki resep makanan yang khas pada masakannya. Inilah yang membuat ia dan restoran tempatnnya bekerja menjadi terkenal. Ia kemudian mendirikan restoran dan membuka usaha makanannya sendiri. Sampai akirnya usahanya tersebut berhasil dan terkenal hingga Mancanegara.

Kolonel Harland Sanders menjadi pelopor Kentucky Fried Chicken atau KFC yang telah tumbuh menjadi salah satu yang terbesar dalam industri waralaba makanan siap saji di dunia. Selama hampir 9 tahun ia menggunakan resep yang dibuatnya dengan teknik dasar memasak hingga saat ini. Citra Sander semakin baik. Gubernur Ruby Laffoon memberi penghargaan Kentucky Colonel pada tahun 1935 atas kontribusinya bagi negara bagian Cuisine. Dan pada tahun 1939, keberadaannya pertama kali terdaftar di Duncan Hines “Adventures in Good Eating”. Sosok Kolonel Sanders, bahkan kini menjadi simbol dari semangat kewirausahaan.

http://MejengProduk.Com
Sumber : Buku 10 pengusaha yang sukses membangun bisnis dari 0

Selasa, 16 Februari 2010

Komputer




Komputer dengan proc.intel atom N330
MB Intel 945GCLF2
DDR2 512MB
HDD 160GB SATA
DVD RW DRIVE
CASING ATX M CASE
KEYBOARD & MOUSE STANDAR

MONITOR LCD
Axio 17”

Komputer jenis ini dapat di peroleh dengan harga yang cukup miring, yaitu hanya sekitar Rp.2.000.000,00. Komputer jenis ini dapat cocok untuk pemula yang ingin belajar komputer dengan basic yang menengah. Berbagai tempat elektronika seperti glodok, mangga 2, dan juga Harco. Namun komputer jenis ini dapat diperoleh pada daerah depok dengan harga yang super murah. Kita bisa memodifikasi komputer kita dengan menambah memeori yang sebelumnya sudah ada sebelumnya dan membuat kerja komputer kita menjadi lebih cepat. Komputer jenis ini hanya dapat menyuport sebagian aplikasi saja. Bila kita paksakan, maka komputer kita akan sedikit bermasalah dan itu diluar tanggung jawab perusahaan yang menjualnya.
Semoga ini dapat menambah sedikit pengetahuan kita dan bermanfaat.

Usaha Kerupuk




Makanan, itulah hal utama yang selalu menjadi pembicaraan yang menarik dan khas. Banyak sekali berbagai jenis makanan yang sering kita lihat dan nikmati, namun kita sering melupakan makanan pengiring yang cocok untuk melengkapi kelezatan kita saat menikmati makanan. Berbagai jenis usaha dapat kita jalani untuk menambah dan memenuhi kebutuhan hidup kita.
Pada saat ini, saya mendapatkan kesempatan untuk melihat berbagai wirausaha disekitar lingkungan rumah saya yang setidaknya dapat menambah pengetahuan bagi kita dan khususnya saya. Saya ingin menceritakan tentang berwirausaha Kerupuk. Pemilik usaha kerupuk ini bernama Pak Baharudin. Beliau tinggal di jl.Tangung Lengkong RT.015/07 Jakarta Timur. Beliau memulai usaha ini sejak tahun 1990. Pak Baharudin merintis usaha ini dengan modal awal Rp.500.000,00,dengan keuntungan awal Rp.100.000,00/bulan. Namun kini, sejalan dengan berkembangnya omset penjualan keuntungan Pak Baharudin mencapai Rp.20.000.000,00/bulan. Beliau sudah dapat mnciptakan lapangan pekerjaan yang baru, yang dapat mempekerjakan kurang lebih 50 orang karyawan.
Pada mulanya, usaha yang beliau rintis ini mendapat tanggapan negative dari lingkungan sekitarnya. Ini disebabkan karena suara berisik yang di timbulkan oleh mesin pembuat olahan dan kotoran arang sisa hasil pembakaran. Karena beliau menggunakan cara tradisional dalam pengolahan kerupuk ini.. Namun sekarang masyarakat merasa terbantu dengan adanya usaha ini, karena banyak warga sekitar yang bekerja dengan beliau. Akan tetepi lebih banyak orang yang berasal dari kampungnya beliau.
Usaha beliau kini cukup dibilang berhasil dan sukses dengan penghasilan yang sudah didapatkan tiap bulannya. Namun usaha beliau kurang begitu berkembang karena tidak adanya inovasi baru dan kerjasama dengan pengusaha yang lainnya. Beliau hanya focus pada produksi yang tetap tiap harinya. Selain itu, usaha beliau mendapat hambatan dari sector tempat. Tempat yang menjadi produksi krupuk ini selalu saja menjadi langganan banjir tiap tahunnya.Sekarang usaha beliau sudah menjadi usaha yang berguna dan berpenghasilan cukup untuk beliau dan karyawannya.
Kita dapat meniru usaha beliau ini yang dapat berguna bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang lain. Semoga cerita saya mengenai wirausaha Kerupuk ini dapat menjadi motivasi dan inovasi baru bagi kita.
~ Terima kasih ~

Senin, 04 Januari 2010

Jaringan Komputer

Penyakit Leukimia

Leukimia adalah suatu penyakit yang dikenal dengan adanya proliferasi neoplasitik dari sel-sel organ hemopoietik, yang terjadi sebagai akibat mutasi somatik sel bakal (stem cell) yang akan membentuk suatu klon sel leukimia.

Penyakit kanker darah (leukimia) menduduki peringkat tertinggi kanker pada anak. Namun, penanganan kanker pada anak di Indonesia masih lambat. Itulah sebabnya lebih dari 60% anak penderita kanker yang ditangani secara medis sudah memasuki stadium lanjut.

Leukimia merupakan keganasan hemopoietik yang mengakibatkan proliferasi klon yang abnormal dan sel bakal mengalami transformasi leukimia, terjadi kelainan pada diferensiasi dan pertumbuhan dari sel limfoid dan mieloid.

Diagnosa leukimia akut dapat ditegakkan dari pemeriksaan hematologi Hb, leukosit, tulang, yaitu tipe leukimia akut berdasarkan klasifikasi FAB.

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa pemberian jeruk (orange) dan pisang (banana) secara rutin kepada bayi dapat mengurangi resiko leukimia (kanker darah) pada bayi. Hal yang sama juga untuk makanan yang mengandung kunyit (turmeric). Demikian menurut seorang ilmuwan terkemuka.

Anak-anak yang makan jeruk, jus jeruk dan pisang 4 sampai 6 kali dalam sepekan selama 2 tahun sejak bayi menunjukkan pengurangan resiko kanker itu.

“Penelitian kami unik, dan kami telah menjelaskan akan manfaat jeruk dan pisang untuk mengurangi resiko kanker,” kata Marylin Kwan, dari University of California, Berkely. Dia katakan,”Ada pengurangan resiko kanker sekitar 50%.”

Hasil penelitian ini disampaikan dalam konferens internasional tentang anak dan leukimia di London baru-baru ini.

Kwan dan kelompoknya melakukan penelitian pada 328 anak berumur di bawah 15 tahun penderita leukimia. Masing-masing orang tua dari anak mengisi angket tentang pola makan anaknya pada 2 tahun pertama ketika bayi.

Pada dua penelitian sebelumnya mengindikasikan bahwa makan makanan daging seperti hotdog atau snack daging meningkatkan resiko tumor otak, dan sebagian kecil leukimia.

Pisang dan jeruk dapat mencegah leukimia diperkirakan karena mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan. Ini dapat mengurangi kerusakan DNA dan menghentikan proses tumbuhnya kanker. Pisang juga kaya akan kalium. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kalium dapat menstabilkan DNA dan mengurangi angka mutasi.

Harapan hidup pasien penyakit leukemia kronis (chronic myeloid leukimia) dan penyakit kanker di saluran cerna kini semakin panjang berkat obat imatinib. Uji klinis terhadap pasien menunjukkan tingkat keberhasilan sebanyak 83 persen dengan usia harapan hidup bisa diperpanjang 5-7 tahun.

Chronic myeloid leukimia (CML) adalah penyakit kanker pada darah (leukimia) yang bersifat kronik. Menurut dr.Nyoto Widiastomo, Sp.PD dari RSCM Jakarta, pemicu kanker ini antara lain paparan radiasi yang sangat tinggi dan paparan zat kimia industri (polusi).

Setelah serangan bom atom di Hiroshima, Jepang, tahun 1945, jumlah penderita kanker CML meningkat. "Bahan pengawet dan polusi kendaraan bermotor yang menggunakan senyawa benzena juga meningkatkan risiko CML," papar Nyoto. Karena itulah penyakit ini banyak menyerang orang di usia 45-55 tahun sebab akselerasi penyakit bisa berlangsung 4-6 tahun.

Pada fase awa l CML, pasien seringkali tidak merasakan gejala, tapi pada umumnya pasien akan merasa lemah badan, kelelahan, berat badan menurun, dan rasa penuh pada perut. Pasien biasanya baru datang berobat setelah terjadi pembesaran limpa.

Ada beberapa pilihan pengobatan kanker CML, antara lain adalah kemoterapi, tranplantasi sumsum tulang dengan biaya sangat mahal, serta terapi target dengan obat imatinib. Imatinib merupakan terapi dengan tingkat keberhasilan paling tinggi untuk pasien yang baru didiagonosa menderita CML dan berada dalam fase kronis setelah gagal menggunakan terapi interferon alpha.

GIST
Keberhasilan imatinib untuk memperpanjang harapan hidup pasien tidak terbatas pada kanker CML saja. Pasien kanker yang terjadi pada saluran cerna yang berasal dari sel stroma (GIST). Uji klinis menunjukkan pasien GIST stadium lanjut yang mendapat imatinib bisa bertahan hidup lebih dari 5 tahun.

GIST adalah kanker yang menyerang jaringan ik

Dampak Negatif Internet

Ketergantungan pada internet mulai merambah kota-kota besar di Indonesia. Sayangnya tidak semuanya berdampak positif, bahkan sejauh ini pengguna internet lebih dominan melakukan kegiatan-kegiatan negatif. Untuk dapat mengambil tindakan yang tepat, sebelumnya perlu ada pengertian yang jelas dan praktis terhadap ketergantungan yang tidak sehat akan internet ini. Kecanduan pada dunia cyber terbagi dalam lima kategori.



1. Cybersexual addiction

yaitu obsesi untuk melihat, men-download dan memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi dan role playing untuk dewasa juga termasuk dalam kategori ini.


2. Cyber-relational addiction

adalah keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin melalui internet (seperti melalui chat room dan virtual affairs) sampai kehilangan kontak dengan hubungan-hubungan yang ada dalam dunia nyata.


3. Net gaming

yaitu sejenis kecanduan karena judi, bermain game, berbelanja dan kegiatan jual beli saham melalui internet yang mengganggu pekerjaan dan/atau mengakibatkan terjadinya utang.


4. Information overload

Karena menemukan informasi yang tidak habis-habisnya yang tersedia di internet, sejumlah orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang ada.


5. Computer addiction

Riset menemukan bahwa beberapa organisasi mengalami dampak negatif sebagai akibat dari kecanduan akan games off-line (seperti Solitaire dan Tetris yang populer di dekade 1980-an lalu), yang memang rata-rata banyak di-install dalam komputer.


1. Pornografi Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. 2. Violence and Gore Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu. 3. Penipuan Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut. 4. Carding Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka. 5. Perjudian Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya. # Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). # Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi. # Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang). # Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya

COCOMO

*

PENGENALAN PADA COCOMO MODEL

Pada tahun 1981, Barry Boehm mendesain COCOMO untuk memberikan estimasi / perkiraan jumlah Person-Months untuk mengembangkan suatu produk software. Referensi pada model ini dikenal dengan nama COCOMO 81.

Pada tahun 1990, muncul suatu model estimasi baru yang disebut dengan COCOMO II. Secara umum referensi COCOMO sebelum 1995 merujuk pada original COCOMO model yaitu COCOMO 81, setelah itu merujuk pada COCOMO II.

Model estimasi COCOMO telah digunakan oleh ribuan project manager suatu proyek perangkat lunak, dan berdasar pada pengalaman dari ratusan proyek sebelumnya. Tidak seperti model estimasi biaya yang lain, COCOMO adalah model terbuka, sehingga semua detail dipublikasikan, termasuk :

*

Dasar persamaan perkiraan biaya
*

Setiap asumsi yang dibuat dalam model
*

Setiap definisi
*

Biaya yang disertakan dalam perkiraan dinyatakan secara eksplisit

Perhitungan paling fundamental dalam COCOMO model adalah penggunaan Effort Equation (Persamaan Usaha) untuk mengestimasi jumlah dari Person-Months yang dibutuhkan untuk pengembangan proyek. Sebagian besar dari hasil-hasil lain COCOMO, termasuk estimasi untuk Requirement dan Maintenance berasal dari persamaan tersebut.



*

SOURCE LINE OF CODE

Perhitungan COCOMO didasarkan pada estimasi anda pada ukuran proyek dalam Source Line Of Code (SLOC). Pendefinisian SLOC :

*

Hanya jumlah baris kode yang dikirim sebagai bagian dari produk yang disertakan (test drivers dan software pendukung lainnya tidak dihitung).
*

Baris kode dibuat oleh staf proyek (kode yang di-generate oleh aplikasi tidak dihitung).
*

Satu SLOC adalah satu baris kode secara logis.
*

Deklarasi dihitung sebagai SLOC.
*

Komentar tidak dihitung sebagai SLOC.

Model COCOMO 81 didefinisikan dalam bentuk Delivered Source Instruction, yang mana sangat menyerupai SLOC. Perbedaan utama antara DSI dan SLOC adalah sebuah SLOC mungkin merupakan beberapa baris secara fisik. Sebagai contoh, sebuah statement “if-then-else” akan dihitung sebagai satu SLOC, tetapi mungkin dihitung sebagai beberapa DSI.



*

SCALE DRIVERS

Pada model COCOMO II, beberapa factor terpenting yang berkontribusi pada durasi proyek dan biaya yang dikeluarkan adalah Scale Drivers. Anda mengeset setiap Scale Driver untuk mendeskripsikan proyek anda. Scale Drivers tersebut menentukan eksponen yang digunakan dalam Effort Equation.

Ada 5 Scale Drivers :

*

Precedentedness
*

Development Flexibility
*

Architecture / Risk Resolution
*

Team Cohesion
*

Process Maturity

Catat bahwa Scale Drivers telah menggantikan Development Mode dari COCOMO 81. Dua Scale Drivers yang pertama, Precedentedness dan Development Flexibility sebenamya mendeskripsikan pengaruh yang hampir sama dibanding Development Mode.

*
o

COST DRIVERS

COCOMO II memiliki 17 cost drivers. Cost driver tersebut adalah factor pengali yang menentukan usaha yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek software anda. Sebagai contoh, jika proyek anda akan mengembangkan software yang mengatur penerbangan pesawat, anda akan mengeset Required Software Reliability (RELY) cost driver menjadi sangat tinggi. Rating tersebut berhubungan dengan effort multiplier 1,26 yang berarti bahwa proyek anda akan membutuhkan usaha lebih sebesar 26% dibanding proyek software pada umumnya. COCOMO II mendefinisikan setiap cost drivers dan effort multiplier yang terhubung dengan setiap rating.



*
o

COCOMO II EFFORT EQUATION

Model COCOMO II membuat estimasi dari usaha yang dibutuhkan (diukur dari Person-Month) berdasarkan keutamaan dalam estimasi anda akan ukuran proyek perangkat lunak (yang diukur dalam ribuan SLOC atau KSLOC) :

Effort = 2,94 * EAF * (KSLOC)E

Dimana : EAF = Effort Adjustment Factor yang berasal dari Cost Drivers

E = Eksponen yang berasal dari Scale Drivers.

Sebagai contoh, suatu proyek dengan semua Nominal Cost Drivers dan Scale Drivers akan memiliki sebuah EAF 1,00 dan eksponen (E) 1,0997. Diasumsikan bahwa proyek diproyeksikan terdiri atas 8.000 baris kode, COCOMO II mengestimasi bahwa 28,9 Person-Months effort diperlukan untuk menyelesaikannya :

Effort = 2.94 * (1.0) * (8)1.0997 = 28.9 Person-Months



*
o

EFFORT ADJUSTMENT FACTOR

Effort Adjustment Factor dalam effort equation adalah produk dari effort multipliers yang terhubung pada masing-masing cost drivers untuk proyek anda.

Sebagai contoh, jika proyek anda berating sangat tinggi untuk kompleksitas (effort multipliers 1,34) dan rendah untuk pengalaman language & tools (effort multipliers 1,09) dan semua cost drivers yang lain berating nominal (effort multipliers 1,00), sehingga EAF adalah produk dari 1,34 dan 1,09.

EAF= 1,34 * 1,09 = 1,46

Effort = 2,94 * (1,46) * (8)1,0097 = 42,3 Person-Months



*
o

COCOMO II SCHEDULE EQUATION

COCOMO II Schedule Equation memprediksi jumlah bulan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek perangkat lunak anda. Durasi dari proyek berdasarkan pada usaha yang diprediksi oleh effort equation :

Duration = 3,67 * (Effort) SE

Dimana : Effort = usaha dari COCOMO II effort equation.

SE = eksponen scheduled equation yang berasal dari Scale Dirvers.
Melanjutkan contoh, dansubtitusi eksponen dengan 0.3179 yang dihitung dari scale drivers, menghasilkan estimasi hanya dalam satu tahun dan rata-rata staf antara 3 sampai 4 orang.

Duration = 3.67 * (42.3)0.3179 = 12.1 months

Average staffing = (42.3 Person-Months) / (12.1 Months) = 3.5 people



*
o

SCED COST DRIVER

COCOMO cost driver untuk Required Development Schedule (SCED) adalah unik dan memerlukan penjelasan special.

SCED cost driver digunakan untuk menghitung observasi bahwa proyek yang dikembangkan dalam jadwal yang dipercepat akan membutuhkan usaha yang lebih banyak dari proyek yang dikembangkan dalam jadwal optimal. Sebuah rating SCED yang sangat rendah diwakili oleh sebuah effort multipliers sebesar 1,43 dan berarti bahwa anda berniat menyelesaikan proyek anda dalam 75% jadwal optimal (yang ditentukan oleh estimasi COCOMO sebelumnya). Melanjutkan contoh yang digunakan tadi, tetapi diasumsikan bahwa SCED memiliki rating sangat rendah, COCOMO menghasilkan estimasi :

Duration = 75% * 12.1 Months = 9.1 Months

Effort Adjustment Factor = EAF = 1.34 * 1.09 * 1.43 = 2.09

Effort = 2.94 * (2.09) * (8)1.0997 = 60.4 Person-Months

Average staffing = (60.4 Person-Months) / (9.1 Months) = 6.7 people

Catat bahwa perhitungan durasi tidak berdasar secara langsung pada effort (jumlah Person-Months), justru hal tersebut berdasar pada jadwal yang akan diperlukan untuk proyek diasumsikan proyek tersebut telah berjalan dalam jadwal nominal. Ingat bahwa SCED cost driver berarti “percepatan dari jadwal nominal”.



*
o

COCOMO II

COCOMO II diset sebagai siklus hidup software modern. Orgininal COCOMO model sudah sangat berhasil, tetapi tidak sesuai dengan praktek pengembangan software yang lebih baru sebagaimana dengan software tradisional. COCOMO II menargetkan proyek software pada tahun 1990an sampai 2000an dan akan terus berkembang dalam beberapa tahun ke depan.

COCOMO II memiliki 3 model berbeda :

1.

The Application Composition Model

Sesuai untuk pembangunan proyek dengan tools GUI-builder yang modern. Berdasar pada Object Points baru.

1.

The Early Design Model

Anda bisa menggunakan model ini untuk mendapat estimasi kasar biaya dan durasi dari suatu proyek sebelum anda menentukan arsitektur keseluruhan proyek tersebut. Model ini menggunakan sekumpulan kecil cost driver baru dan persamaan estimasi baru. Berdasar pada Unadjusted Function Points atau KSLOC.

1.

The Post-Architecture Model

Ini adalah model COCOMO II yang paling detail. Anda akan menggunakannya setelah anda membentuk arsitektur proyek anda secara menyeluruh. Model ini memiliki cost driver baru, aturan penghitungan baris yang baru, dan persamaan baru.

Sabtu, 03 Oktober 2009

Manajemen Resiko

RESIKO

Risk is the chance of loss. Resiko adalah kemungkinan untuk rugi. Dari sekian banyak pengertian tentang resiko, pengertian ini adalah yang paling mudah dimengerti oleh orang awam.

Pengertian Resiko Dari Beberapa Ahli

Arthur Williams dan Richard, M. H.

”Resiko adalah suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode tertentu”

A. Abas Salim

”Resiko adalah ketidaktentuan (uncertainty) yang mungkin melahirkan peristiwa kerugian (loss)”

Soekarto

”Resiko adalah ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa”

Herman Darmawi

”Resiko adalah probabilitas suatu hasil yang berbeda dengan yang diharapkan”.

Prof Dr.Ir. Soemarno,M.S.

”Suatu kondisi yang timbul karena ketidakpastian dengan seluruh konsekuensi tidak menguntungkan yang mungkin terjadi disebut resiko”

Sri Redjeki Hartono

”Resiko adalah suatu ketidakpastian di masa yang akan datang tentang kerugian”

Subekti

"Resiko kewajiban memikul kerugian yang disebabkan karena sutau kejadian di luar kesalahan salah satu pihak”

Ahli Statistik

Resiko adalah derajat penyimpangan sesuatu nilai disekitar suatu posisi sentral atau di sekitar titik rata-rata.

Vaughan

Definisi risiko :

· Risk is the chance of loss (Risiko adalah kans kerugian).

Chance of loss berhubungan dengan suatu exposure (keterbukaan) terhadap kemungkinan kerugian. Dalam ilmu statistik, chance dipergunakan untuk menunjukkan tingkat probabilitas akan munculnya situasi tertentu. Sebagian penulis menolak definisi ini karena terdapat perbedaan antara tingkat risiko dengan tingkat kerugian. Dalam hal chance of loss 100%, berarti kerugian adalah pasti sehingga risiko tidak ada.

· Risk is the possibility of loss (Risiko adalah kemungkinan kerugian).

Istilah possibility berarti bahwa probabilitas sesuatu peristiwa berada diantara nol dan satu. Namun, definisi ini kurang cocok dipakai dalam analisis secara kuantitatif.

· Risk is uncertainty (Risiko adalah ketidakpastian).

Uncertainty dapat bersifat subjective dan objective. Subjective uncertainty merupakan penilaian individu terhadap situasi risiko yang didasarkan pada pengetahuan dan sikap individu yang bersangkutan. Objective uncertainty akan dijelaskan pada dua definisi risiko berikut.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Resiko adalah kemungkinan terjadinya peristiwa yang dapat merugikan perusahaan"

Isto

“Resiko adalah bahaya yang dapat terjadiakibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang”.


MANAJEMEN RESIKO

Manajemen Resiko adalah proses identifikasi resiko, memperkirakan resiko, dan mengambil langkah untuk mengurangi resiko pada level yang dapat diterima. Selain itu, Manajemen resiko adalah bagian penting dari strategi manajemen semua perusahaan. Proses dimana suatu organisasi yang sesuai metodenya dapat menunjukkan resiko yang terjadi pada suatu aktifitas menuju keberhasilan di dalam masing-masing aktifitas dari semua aktifitas

Fokus dari manajemen resiko yang baik adalah identifikasi dan cara mengatasi resiko. Sasarannya untuk menambah nilai maksimum kesinambungan (sustainable) organisasi. Tujuan utama untuk memahami potensi upside dan downside dari semua faktor yang dapat memberikan dampak bagi organisasi. Manajemen resiko meningkatkan kemungkinan sukses, mengurangi kemungkinan kegagalan dan ketidakpastian dalam memimpin keseluruhan sasaran organisasi.
Manajemen resiko seharusnya bersifat kontinyu dan mengembangkan proses yang bekerja dalam keseluruhan strategi organisasi dan strategi dalam mengimplementasikan. Manajemen resiko seharusnya ditujukan untuk menanggulangi suatu permasalahan sesuai dengan metode yang digunakan dalam melaksanakan aktifitas dalam suatu organisasi di masa lampau, masa kini dan masa depan
Manajemen resiko harus di-integrasikan dalam budaya organisasi dengan kebijaksanaan yang efektif dan diprogram untuk dipimpin beberapa manajemen senior. Manajemen resiko harus di terjemahkan sebagai suatu strategi dalam teknis dan sasaran operasional, pemberian tugas dan tanggung jawab serta kemampuan merespon secara menyeluruh pada suatu organisasi, dimana setiap manajer dan pekerja memandang manajemen resiko sebagai bagian dari deskripsi kerja. Manajemen resiko mendukung accountability, performansi pengukuran dan reward, mempromosikan efisiensi operasional dari semua level.


Sasaran Manajemen Resiko

Sasaran manajemen resiko adalah untuk memungkinkan organisasi untuk memenuhi misi
pengamanan sistem IT yang lebih baik dalam menyimpan, memproses atau mem-publish informasi suatu organisasi
untuk membantu manajemen dalam membuat keputusan yang bersifat umum / subyektif dalam mengatur pembelanjaan yang menjadi bagian dari suatu anggaran IT
membantu manajemen dalam memberi hak / mengakui sistem IT atas dasar pendukung dokumentasi sebagai hasil capaian manajemen resiko.

Tugas Manajemen Resiko

Secara umum manajemen resiko bertugas untuk :

· Melakukan identifikasi resiko yang akan terjadi

· Memperkirakan dampak yang akan terjadi pada bisnis kita jika resiko itu terjadi

· Membuat keputusan finansial yang tepat mengenai dampak yang telah diperkirakan.

· Mengimplementasikan program penanggulangan resiko tersebut dan secara kontinu melakukan pengukuran dan perkiraan apakah program yang telah dijalankan sudah efektif atau masih membutuhkan perbaikan? Ingat, mengelola resiko bukan merupakan aktivitas sesaat tetapi merupakan proses yang terus menerus akan berlangsung sehingga selalu ada pengontrolan, pengukuran, evaluasi, dan perbaikan.


Siklus Manajemen Resiko :


Ada 4 tahap dalam siklus untuk mengelola resiko, yaitu :

1. Assess à Manaksir atau memperkirakan

· Melakukan identifikasi informasi kristis assets

· Menemukan kemungkinan ancaman dari assets yang telah diidentifikasi

· Mengidentifikasi kelemahan sistem yang dapat menjadi ancaman

· Menghitung besar resiko tersebut

2. Evaluate

Ada dua pendekatan dalam mengevaluasi suatu resiko, yaitu :

a. Kuantitas

Pendekatan kuantitas ini lebih mudah ditampilkan dan dimengerti karena output-an dalam angka. Namun, untuk memperoleh angka tersebut dibutuhkan usaha yang cukup keras. Untuk menghitung dalam bentuk satuan uang dampak yang akan terjadi sangatlah sulit.

b. Kualitas

Menggunakan metode score dan pengalaman dari para pekerja serta konsultan untuk memperoleh score tersebut.

3. Manage

Setelah kita telah memberikan score pada setiap resiko yang terjadi maka tahap selanjutnya adalah mengurutkan resiko tersebut dari resiko yang mempunyai score tertingi sampai terendah. Hal ini akan membantu kita untuk mengambil keputusan resiko mana yang harus pertama kali kita kelola.

Ada 4 cara untuk menghadapi suatu resiko :

· Reject the Risk – cenderung mengabaikan tantangan untuk menghadapi resiko tersebut dengan harapan resiko tersebut akan hilang. Bertahan menggunakan pendekatan ini jarang sekali berhasil.

· Accept the Risk – biasanya pendekatan ini digunakan jika cost yang dibutuhkan untuk melakukan pengontrolan untuk mengurangi resiko akan lebih besar dibandingkan jika resiko itu terjadi.

· Transfer the Risk – salah satu pendekatan yang dapat dilakukan jika cost untuk melakukan pengontrolan untuk mengurangi resiko lebih besar bila dibandingkan dengan memindahkan resiko tersebut kepada pihak lain, seperti pihak asuransi

· Mitigate the Risk – mengurangi resiko tersebut dengan management.

4. Measure

Melakukan pengukuran dari aksi yang telah diambil pada tahap sebelumnya. Pengukuran ini harus dilakukan secara kontinu.

Manajemen Proyek

PROYEK


Proyek adalah sebuah kata yang sering di gunakan untuk sebuah pekerjaan didalam sebuah program kegiatan, akan tetapi kata ini mempunyai arti dimana sebuah pekerjaan besar yang berkemungkinan besar tidak akan terulang kembali pada jangka waktu tertentu dimasa yang akan dating. Setiap proyek harus memiliki start dan finish yang jelas, sekumpulan aktivitas yang berurutan diantara dua kejadian itu, berikut adanya suatu sasaran tertentu.

  • Tujuan

Suatu proyek biasanya mempunyai suatu aktivitas yang berlangsung dlam waktu tertentu dengan hasil akhir tertentu. Proyek dapat dibagi dalam sub-sub pekerjaan yang harus diselesaikan untuk memcapai tujuan proyek secara keseluruhan.

  • Kompleksitas

Proyek biasanya melibatkan beberapa fungsi organisasi karena diperlukan bermacam-macam keahlian dan bakat dari berbagai disiplin ilmu.

  • Keunikan

Suatu proyek mempunyai ciri tersendiri yang berbeda dari apa yang sudah dikerjakan sebelumnya.

  • Tidak permanen

Proyek adalah aktivitas temporer artinya suatu proyek memiliki batasan waktu tertentu

  • Ketidakbiasaan

Proyek biasanya menggunakan teknologi baru dan memiliki elemen yang tidak pasti dan beresiko.

  • Siklus Hidup

Selama proses, proyek akan melewati beberapa fase yang disebut siklus hidup proyek

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa proyek adalah suatu jenis program yang disusun secara terperinci sebagai suatu bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dan didalamnya secara konkrit ditetapkan tujuan dan hasil yang akan dicapai, lokasi jelas, organisasi pelaksana, biaya dan jadwal waktu serta anggarannya tertuang dalam suatu dokumen.

Komponen Proyek

Suatu proyek terdiri atas beberapa komponen yang mendukung yaitu :

  • Kemampuan

Berhubungan dengan pengetahuan tentang projek yang akan dikerjakan, kemampuan dalam mengerjakan proyek tersebut, dan pengalaman yang dibutuhkan yang bertujuan untuk mengurangi faktor resiko yang terjadi dari suatu proyek yang akan dikerjakan

  • Perangkat Bantu

Alat bantu yang dibutuhkan oleh seorang manajer proyek untuk meningkatkan kemampuan menangani suatu proyek dalam bentuk perangkat lunak maupun perangkat keras, seperti dalam hal dokumentasi, perencanaan, permodelan, audit maupun pengevaluasian proyek

  • Proses

Adalah suatu teknis dan urutan kebutuhan yang dapat di monitor dan di kontrol dalam waktu tertentu meliputi waktu, dana, kualitas, resiko maupun bidang garapan proyek.

Macam-macam Proyek
  • Proyek Kapital

Proyek ini biasanya berupa pengeluaran biaya untuk pembebasan tanah, pembelian peralatan, pemasangan fasilitas dan konstruksi gedung

  • Proyek Penelitian dan Pengembangan

Proyek ini bisa penemuan produk baru, temuan alat baru dll. proyek ini dapat muncul dilembaga komersial maupun pemerintah.

  • Proyek yang berhubungan dengan manajemen service

Proyek ini sering uncul dalam perusahaan maupun instansi pemerintah. Proyek ini bisa berupa perancangan struktur organisasi, pembuatan sistem informasi manajemen, peningkatan produktifitas perusahaan.

Batasan Proyek

Batasan suatu proyek menurut teori klasik menyatakan bahwa proyek terdiri atas 3 hal yaitu :

  • Ruang Lingkup
  • Waktu
  • Dana

Seiring dengan perkembang jaman, manajemen proyek memiliki beberapa batasan yang mencakup :

  • Ruang Lingkup

Ruang lingkup proyek meliputi tata cara untuk menentukan waktu proyek dimulai, perencanaan lingkup proyek yang akan di garap, pendefinisian ruang lingkup proyek, verifikasi proyek serta kontrol atas perubahan yang mungkin terjadi saat proyek tersebut di mulai.

  • Waktu

Meliputi tata cara mendefinisikan suatu aktifitas, menentukan urutan-urutan kejadian atas proyek, mendefinisikan durasi/lama waktu dari setiap pekerjaan, pengembangkan suatu skedul serta merencanakan kontrol atas skedul tersebut

  • Dana

Meliputi tata cara untuk merencanakan sumber dana proyek, mengestimasikan harga dan sumber daya, mendefinisikan budget, serta mengontrol keuangan

  • Kualitas

Meliputi kegiatan perencanaan kualitas, perencanaan jaminan atas suatu kualitas berdasarkan standar tertentu, serta pengontrolan atas kualitas

  • Resiko

Meliputi perencanaan atas manajemen resiko, mengidentifikasikan resiko yang timbul dari suatu proyek, menganalisa kuantitatif dan kualitatif suatu resiko, merencanakan tindakan yang akan diambil dari suatu resiko yang timbul serta memonitor setiap resiko yang mungkin muncul dari suatu proyek

  • Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia meliputi kegiatan perencanaan atas sumber daya manusia yang akan mengerjakan proyek, perekrutan tenaga kerja, serta pembangunan team

  • Logistik

Manajemen logistik meliputi tahapan perencanaan kebutuhan sumber daya untuk kegiatan proyek, perencanaan tender, proses tender dan penentuan pemenang tender, administrasi atas kontrak pembelian, dan tata cara penutupan kontrak.

  • Komunikasi

Meliputi kegiatan perencanaan komunikasi atas level sumber daya, distribusi informasi, laporan kemajuan proyek dan pembuatan administrasi akhir proyek sebelum diserah terimakan.

  • Manajemen Integrasi

Merupakan kegiatan yang meliputi perencanaan pengembangan, perencanaan tata pelaksanaan suatu proyek dan kontrol atas perubahan secara terintegrasi dari suatu proyek. Adapun batasan dari manajemen proyek tersebut di gambarkan sebagai berikut :

MANAJEMEN PROYEK

Manajemen Proyek adalah cara mengorganisir dan mengelola sumber penghasilan yang penting untuk menyelesaikan proyek. Hal pertama yang harus dianggap sebagai manajemen proyek adalah bahwa proyek ini diantarkan dengan batasan yang ada. Hal kedua adalah kemungkinan terbaik distribusi sumber daya. Manajemen proyek adalah seni mengontrol baik hal selama proyek, dari sejak dimulai sampai selesai. Secara tradisional pengertian manajemen adalah meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penempatan orang, pengendalian dan pengarahan. Manajemen Proyek mempergunakan personil untuk ditempatkan pada tugas tertentu dalam proyek.

Ciri Manajemen Proyek

Mekanisme proyek dalam hubungannya dengan pengelolaan, organisasi dan sumber daya mempunyai ciri-ciri tertentu sebagai berikut :

  • Memimpin organisasi proyek dan beroperasi secara independen.
  • Pembawa tunggal untuk mencapai satu tujuan proyek.
  • Memerlukan bermacam-macam keahlian dan sumber daya.
  • Bertanggung jawab menyatukan orang-orang dari berbagai fungsi/disiplin yang bekerja.
  • Memfokuskan pada ketepatan waktu dan biaya.


Campur Sari Peterpan

aku "PETERPAN" yang "SALLY SENDIRI". aku tinggal di "KOTA MATI". saat "USIA 17", aku mempunyai "MASA LALU TERTINGGAL" "YANG TERDALAM", itu adalah "KISAH CINTAKU"."COBALAH MENGERTI" dan "LIHAT LANGKAHKU". aku "MENUNGGU PAGI" untuk seorang "KUPU KUPU MALAM". "ADA APA DENGANMU", "DIBELAKANGKU", aku "MENUNGGUMU". "TAK BISAKAH" "KUKATAKAN DENGAN INDAH" walau "LANGIT TAK MENDENGAR". "DAN, HILANG" "SEMUA TENTANG KITA" "2DSD".
itu sangat "MEMBEBANIKU" aku sadar bahwa dunia ini "TAK ADA YANG ABADI". di "HARI YANG CERAH", "AKU TERTINGGALKAN WAKTU". Tapi, aku mencoda "BEBAS" "MELAWAN DUNIA". tetapi "DUNIA YANG TERLUPA", saat "JAUH MIMPIKU", "AKU" memakai "TOPENG" dan bersembunyi "DI BALIK AWAN". karena aku "DILEMA BESAR" aku ingin pergi ke "TAMAN LANGIT" untuk mencari sebuah "MIMPI YANG SEMPURNA" !!!!
tapi itu hanya "KHAYALAN TINGKAT TINGGI" "MUNGKIN, NANTI" aku akan berjalan "WALAU HABIS TERANG" "DI ATAS NORMAL". hanya untuk menggapai "BINTANG DI SURGA". hanya ada "AKU & BINTANG"...

MENGHAPUS JEJAKMU

"MENGHAPUS JEJAKMU membuat HARI YANG CERAH UNTUK JIWA YANG SEPI untux ku.meskipun q berada DI BALIK AWAN,dan berada di KOTA MATI,tetapi aq tetap menc0ba melawan dunia.karena q adalah SALLY yang selalu SENDIRI,coba engkau dapat meLIHAT LANGKAHKU..yang ing!n BEBAS trlepas dari kelam nya kehidupan.COBALAH MENGERTI tentang dunia q,,yang mungkin DUNIA YANG TERLUPA bag! mu"

Kekuatan Hati

perasaan ini kian lama semakin menyiksa ku
perasaan apa ini
entahlahh
sebuahhh perasaan yang tentunya sangaatlah menyakitkan untuk ku
tp aq disini
mencoba bertahan dengan sebuahhh ketegaran
meskipun harus ada air mata membasahi pipi q

Rabu, 30 September 2009

Penantian Cinta

mungkin aku terlalu bodoh untuk mengerti
mungkin aku tak sengaja jg mnykiti
andai aku tau isi hatimu
andai kesempatan itu datang lagi padaku
sekarang mustahil bagiku
bahkan menyentuh bayangmu, aku tak mampu

sekarang aku terpuruk dalam jurang sesalku
dan cinta ni jadi sesak dalam dadaku
aku tau cinta ini sudah tak laku
tapi biarkan cinta ini aku miliki
biarkan cinta ni menjadi bebanku
aku tak peduli
meski menghambat jalanku
aku tau mencintaimu adalah tak pasti